Tim MTs Unggulan Nuris Berhasil Meraih Juara 3 Water Rocket Tingkat Jatim

Siswa MTs Unggulan Nuris Dalami Ilmu Fisika Melalui Lomba Water Rocket

Pesantren Nuris- MTs Unggulan Nuris kembali berhasil membawa pulang piala kemenangan. Kali ini di bidang sains, tepatnya lomba water rocket yang diselenggarakan oleh FMIPA Unej Tingkat Jawa Timur.

Tim MTs Unggulan Nuris yang terdiri dari Rafly Saifurrijal (8C), Ahmad Wahid (9C), dan Ramadani Rahman (9C) berhasil meraih juara 3 water rocket tingkat Jawa Timur mengalahkan peserta dari wilayah lain.

(Baca juga: Luncurkan Water Rocket Bukti Integrasi Sains Di Pesantren Nuris Jember Saat NEC 2017)

Lomba ini berlangsung pada tanggal 2 November 20019, yakni babak penyisihan untuk perwakilan Rayon Jember. Pada babak ini diambil 4 tim terbaik dari 47 tim seluruh Jember. Ada dua sesi di babak penyisihan yakni penilaian peluncuran water rocket dan olompiade fisika.

Peluncuran water rocket sendiri meliputi keseuaian sudut elifasi, terbentuknya gerak parabola, dan masuknya water rocket ke gawang.

Pada sesi olimpiade fisika, tim diberikan 50 soal pilihan ganda. Pada babak penyisihan nilai 60% diambil pada sesi peluncuran water rocket dan nilai 40% diambil dari olimpiade fisika.

MTs Unggulan Nuris berhasil lolos dari babak penyisihan ke babak final bersama 3 tim dari Rayon Jember lainnya, yakni  SMP 1 Ambulu, SMP Al-Furqan, dan SMP Watu Kebo.

(Baca juga: Bukan Sekedar Prestasi Pramuka Penggalang Sekedar Prestasi MTs Unggulan Nuris Giat Berdedikasi)/

Babak final digelar pada tanggal 17 November 2019, masih bertempat di FMIPA Unej. Pada babak final peserta disuruhkan sesi Cerdas Tangkas, yang terdiri dari 3 babak  yaitu pertama peserta diminta untuk menjawab soal  yang wajib dijawab oleh kelompok tersebut. Kedua, babak lempar, yakni para peserta disuguhi soal, namun jika tidak dapat menjawab maka dilempar ke tim berikutnya. Sedang yang ketiga babak rebutan, yakni para peserta diminta untuk mejawab soal secara berebut.

Pada babak final ini tim MTs Unggulan Nuris melawan tiga tim dari Rayon Jember, dan dua tim dari Rayon Banyuwangi, yakni SMP 1 Glenmore dan SMP 1 Genteng.

Pada babak final MTs Unggulan Nuris berhasil meraih juara 3, sedang juara 1 diraih oleh SMP Al-Furqan, dan juara 2 SMP 1 Glenmore.

“Saya merasa senang karena baru pertama kali lomba sudah dapat masuk final, dan Alhamdulillah berhasil membawa pulang piala,” Ujar Rafly Saifurrijal.

Ramadani Rahman juga menambahkan “Saya merasa bangga karena sudah berhasil menyumbangkan piala dan semoga kedepannya semakin baik lagi, dan dapat menjadi juara lagi,”

“Usaha tidak akan menghianati hasil itu benar, hal tersebut membuat saya terus belajar dan berusaha untuk keberhaslan saya kedepannya, tambah Ahmad Wahid. [Red.Dev]

Related Post