Luncurkan Water Rocket, Bukti Integrasi Sains di Pesantren Nuris Jember saat NEC 2017

Luncurkan Water Rocket, Bukti Integrasi Sains di Pesantren Nuris Jember saat NEC 2017

Pesantren Nuris – Peserta NEC (Nuris Excellent Camp) 2017 khusus lembaga SMA Nuris Jember dibuat takjub. Pasalnya, belajar fisika yang tergolong mata pelajaran “membosankan” justru dibuat sangat menarik dan menyenangkan. Seraya belajar materi tekanan dan daya air, mereka riuhkan halaman Nuris dengan menerbangkan water rocket (11/12/2017).

Hilmi Bin Abdussalam, selaku instruktur Fisika SMA Nuris Jember, memberi arahan soal konsep tekanan dan daya air kepada 35 peserta NEC ini. Setelah itu, dia menunjukkan aplikasi materi itu berupa water rocket.

(baca juga: Perdana Digelar, Grand Opening NEC Berlangsung Sukses)

Agar pembelajaran lebih efektif, Hilmi membagi peserta NEC ke dalam beberapa kelompok. Dengan peralatan dan water rocket karya SMA Nuris Jember kelas Sains, peserta NEC dapat mempraktikan aplikasi materi fisika secara bergantian.

“SMA Nuris Jember memiliki kelas khusus sains. Mereka menunjukkan kepada adik-adik NEC hasil karya mereka yang sudah sering juara tersebut. Ini bukti belajar fisika menyenangkan dan dapat dilihat aplikasinya.” Kata Hilmi, ayah 1 anak itu.

“Adik-adik NEC banyak yang terkesan dan senang belajar fisika. Seperti diketahui, kini dengan konsep dasar water rocket ini kita bisa membangun roket yang lebih canggih untuk kemaslahatan manusia. Semoga hal ini bermanfaat untuk adik-adik.”

(baca juga: Peserta NEC Takjub, Belajar Astronomi dengan Teleskop)

Sabitha Aulia Naziba, peserta NEC dari SMPN 01 Umbulsari, paling antusias. Bahkan, dia berkenan memegang ukuran tegangan gas dari kompresor saat peluncuran water rocket. Dia juga paling kegirangan saat water rocket yang diterbangkan kelompoknya mulus melesat dengan ketinggian optimum.

“Menyenangkan sekali lo belajar fisika saat ini. Ternyata meski di sini pesantren, pelajaran umumnya juga maju. Banyak siswanya juga yang juara sains seperti Fisika, Biologi, Kimia, dan lain-lain.” Ungkap Sabitha.

“Bagi saya ini agenda liburan yang mengesankan dan bermanfaat. Mondok pasti terasa betah, sebab belajarnya di sini lengkap dengan sains setelah belajar agamanya.” Imbunya.[AF.Red]

 

 

 

Related Post