Yuk Simak! Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Teh

Penulis: Rintan Setyo Minarti*

Assalamualaikum sahabat santri, bagaimana puasanya? Masih lancarkan? Wah lebaran tinggal menghitung hari nih sahabat. Biasanya salah satu minuman yang cocok disajikan ketika lebaran adalah teh, sirup, kopi, dan lain-lain. Nah apakah sahabat tau apa saja manfaat mengkonsumsi teh? Yuk simak ulasan berikut.

Teh adalah salah satu minuman yang sangat akrab dengan kehidupan masyarakat di Indonesia. The hampir dikonsumsi oleh semua kalangan dan lapisan masayarakat Indonesia. Mulai dari pejabat teras hingga masyarakat di pedesaan.

Minuman yang satu ini juga selalu cocok di konsumsi di segala situasi, untuk teman ngobrol misalnya, minuman setelah makan, dan juga dapat disajikan dalam keadaan dingin maupun hangat.

Selain kopi yang merupakan salah satu minuman kebanggaan Indonesia, teh juga merupakan minuman yang memuiliki citarasa yang khas dan banyak dikonsumsi di Indonesia. Teh tidak hanya memiliki rasa dan aroma yang khas, tapi ternyata tersimpan juga berbagai manfaat teh untuk tubuh.

(Baca juga: Empat manfaat utama daun kelor)

Menjaga saluran pencernaan

Yang tidak kita sadari sebelumnya, ternyta teh dapat membantu menjaga saluran pencernaan. Terdapat berbagai macam bakteri yang bekerja dalam sistem pencernaan. Polifenol yang ada dalam teh dapat meningkatkan produksi bakteri baik dan mencegah perkembangan bakteri yang merugikan pencernaan.

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat teh untuk menurunkan berat badan juga sudah cukup populer. Teh yang paling terkenal dapat menurunkan berat badan adalah teh hijau. Jenis teh yang satu ini bahkan banyak terkandung dalam teh diet. Teh hijau dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu pembakaran lemak, terutama di bagian perut.

(Baca juga: 5 manfaat wudhu menurut ulama dan kesehatan)

Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Selain untuk diet, the juga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut loh. Karena di dalam the terdapat kandungan anti oksidan yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam mulit. Konsumsi teh secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko karies gigi, meningkatkan kesehatan gigi, dan mengatasi bau mulut.

Meningkatkan konsentrasi

Manfaat teh lainnya yakni dapat meningkatkan konsentrasi. Di dalam teh terdapat kandungan kafein yang fungsinya untuk merangsang sistem saraf pusat dan melancarkan peradaran darah ke otak. Kandungan kafein teh lebih rendah daripada kopi dan justru membuatnya lebih ideal untuk dikonsumsi.

Menurunkan resiko diabetess

Selain bisa meningkatkan konsentrasi nih, teh dipercaya juga dapat menurunkan risiko diabetes. Sebuah penelitian membuktikan bahwa teh seperti teh hijau dan teh hitam memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah. Teh dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga diabetes pun dapat dicegah.

Nah itu tadi beberapa manfaat teh ya sahabat. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: republika.co.id

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post