Kuliah Jurusan Pendidikan Agama Islam, Alumni Nuris Ini Bangga Jalani Kiprahnya Sebagai Guru

Jadi Santri Nuris, Alumni Ini Bertemu Jodoh Juga di Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris- Alumni yang satu ini merupakan alumni SMK Nuris Jember jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang lulus tahun 2012. Ia adalah Mufti Zakiyah, gadis asli Jember ini bercita-cita ingin menjadi guru sejak kecil. Lulus dari SMK Nuris Jember ia kemudian melanjutkan kuliah di IAIN Jember, mengambul jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI).

Ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, ia semakin yakin dapat mewujudkan cita-citanya menjadi seorang guru. Ia memilih menjadi guru agama karena terinspirasi dari pendidikan agama yang ia dapat selama menjadi santri di Pesantren Nuris Jember. Baginya belajar agama adalah hal terpenting, karena pada dasarnya belajar ilmu agama tidak ada habisnya hingga akhir hayat kita.

(Baca juga: Mengabdi di dunia pendidikan, Alumni Nuris juga jajaki bisnis online)

Mufti, (panggilan akrab Mufti Zakiya) mengambil judul “Model Pendidikan Enterpreneurship dalam Membentuk Karakter Enterpreneur Islami Siswa,” sebagai judul penelitian tugas akhir skripsinya. Menurutnya meskipun mengambil jurusan pendidikan agama Islam, membahas tentang enterprenuer dalam Islam sangatlah penting, karena nantinya pasti sebagian siswa ada juga yang menjadi pengusaha, hal tersebut dapat menjadi bekal mereka kelak.

Mufti resmi menjadi sarjana pendidikan islam pada tahun 2017 lalu, ia di wisuda bersama dengan calon suaminya yang merupakan alumni Nuris juga yakni Anis Ariyuda. Tak lama setelah wisuda Mufti dan Anis melangsungkan pernikahan, tepatnya pada 29 Desember 2017, dan kini telah dikaruniai seorang bayi perempuan kecil yang menggemaskan.

(Baca juga:   Jadi bidan alumni Nuris ini mengabdi sepenuh hati)

Menurut Mufti menikah dengan sesama alumni Nuris itu menyenangkan, karena ia akan memiliki kenangan tersendiri selama menjadi santri di Pesantren Nuris Jember. Dan satu lagi mereka juga memiliki teman-teman yang sama, sama-sama kenal, jadi tidak perlu berkenalan lagi dengan teman-teman suami sesama alumni Nuris. Karena sama-sama alumni mereka juga memiliki visi dan misi yang sama dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Setelah menikah Mufti mengajar di SMP Al Badri Kalisat Jember,  salah satu sekolah berbasis pesantren di Kalisat Jember.  Hingga saat ini terhitung sudah tahun ketiga ia mengabdikan dirinya di dunia pendidikan dan menjadi seorang pengajar seperti yang ia cita-citakan dahulu.

“Menurut saya, guru adalah sosok manusia yang memiliki jasa yang sangat besar terhadap setiap manusia lain. Karena tanpa guru kita tidak akan menjadi apa-apa. Dari sejak dulu saya ingin sekali menjadi guru, karena saya ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Bisa menjadi guru merupakan suatu kebanggaan bagi diri sendiri. Dengan menjadi guru kita dapat keuntungan di dunia juga keuntungan akhirat. Bisa jadi amal jariah jika kita mengajar dengan tulus dan ikhlas,” ungkap wanita kelahiran Jember, 19 Oktober 1993 itu bangga.  [Red.Dev]

Biodata
Nama lengkap : Mufti Zakiyah
Lembaga: Jurusan TKJ SMK Nuris Jember 2012
Kuliah: Jurusan PAI, IAIN Jember

Foto Mufti dan Anis ketika wisuda bersama di IAIN Jember
Foto Mufti dan Anis ketika melangsungkan resepsi pernikahan pada 29 Desember 2017 lalu
Related Post