Selain Percantik Ruangan, Tanaman Lidah Mertua Punya Banyak Manfaat Loh! Simak Yuk!

Penulis: Rintan Setyo Minarti*

Tanaman lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang banyak diminati, karena tampilannya yang simple dan cantik. Biasanya tanaman lidah mertua diletakkan di dalam rumah, seperti ruang tamu, ruang makan, maupun ruang keluarga.  

Tanaman yang dikenal dengan nama latin sansevieria ini merupakan tumbuhan tropis dari Afrika Barat yang mudah sekali tumbuh.Ternyata, di balik tampilannya yang rupawan, lidah mertua memiliki banyak manfaat yang belum diketahui orang banyak yang bisa meningkatkan kualitas hidup. Wah menarik sekali ya, yuk simak apa saja manfaat tanaman lidah mertua jika diletakkan di dalam rumah.

(Baca juga: Yuk Simak Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Teh)

Pertama, sebagai pengharum ruangan alami. Tanaman Lidah Mertua memiliki aroma yang khas. Di beberapa negara maju, Lidah Mertua digunakan sebagai pengharum ruangan. Kini sebagian orang juga suka meletakkan Lidah Mertua di sudut ruangan. Aroma dari Lidah Mertua ini sangat cocok untuk menghilangkan bau-bau yang tidak sedap di rumah, misalnya di toilet dan dapur.

Kedua, dapat menyerap polusi udara. Tanaman hijau memang bisa dimanfaatkan untuk menyerap CO2 yang ada di dalam ruangan. CO2 tersebut dibutuhkan oleh tanaman untuk berfotosintesis dan kemudian tanaman tersebut akan memproduksi oksigen.

Ketiga, dapat mengurangi radiasi. Nah jika sahabat sering menggunakan barang-barang elektronik di rumah seperi TV, laptop, dan computer, tanaman yang satu ini sangatlah wajib berada di dalam rumah. Karena lidah mertua mampu mereduksi gelombang radiasi yang dihasilkan oleh barang-barang elektronik tersebut sehingga mata pun akan terjaga kesehatannya.

(Baca juga: Empat manfaat utama daun kelor)

Keempat, dapat menyerap polutan udara. Tidak semua jenis tumbuhan diberkati dengan kemampuan untuk menyerap polutan serta memiliki titik resisten yang tinggi. Lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki kemampuan tersebut. Bahkan, tanaman hias ini mampu menangani sampai 107 jenis polutan, lebih spesifik lagi terhadap asap rokok. Jika di rumah ada perokok aktif, kamu disarankan untuk menanam tanaman yang satu ini.

Itu tadi ulasan beberapa manfaat tanaman lidah mertua, keren sekali bukan? Bagaimana? Tertarik untuk meletakkan tanaman ini di rumah sahabat? Semoga bermanfaat ya.

Sumber gambar: reviewbukalapak.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post