Manfaat di Balik Pahitnya Tumbuhan Pare

Penulis: M. Ainul Fikri*

Pare atau Peria yang bernama ilmiah Momordica charantia merupakan tumbuhan yang mempunyai sifat merambat kepada benda yang berada di sekitarnya. Tanaman ini berasal dari asia tropis terutama pada bagian wilayah india barat. Selain dikonsumsi dari rasanya yang amat pahit, tumbuhan ini menyimpan sejuta manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh kita.

Yuk simak kolom ini dengan baik agar kita tidak berfikir bahwasannya tumbuhan tersebut hanyalah tumbuhan yang sangat kurang enak dikonsumsi karna rasanya yang pahit.

(Baca juga: Manfaat alpukat untuk kecantikan kulit)

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat pare mengandung antioksidan yang berlimpah, Antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Antioksidan membentuk pertahanan terhadap radikal bebas atau bahan kimia yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan yang akan merusak tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

Membersihkan darah

Kandungan antioksidan dalam pare berperan penting dalam menjaga aliran darah agar tetap bersih. Dengan aliran darah yang lancar dan bersih, kesehatan tubuh akan terjaga engan baik tanpa ada keraguan sekalipun.

Meredakan bronkitis

Manfaat pare dapat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh kondisi pernapasan tertentu seperti bronkitis, asma, dan demam. Pare memiliki sifat antihistamin, antiinflamasi, dan antivirus, yang membuat pare menjadi makanan tambahan yang ideal dalam menjaga kesehatan pernapasan.

(Baca juga: Apa manfaat jahe jika dikonsumsi secara rutin?)

Baik dikonsumsi bagi orang yang diet

Konsumsi pare secara rutin juga ampuh untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Manfaat pare ini bisa diperoleh karena pare termasuk dalam jenis makanan berkalori rendah, dan sangat cocok untuk menu diet.

Menyehatkan mata

Selain kaya vitamin C, pare juga kaya akan vitamin A. Seperti yang kita tahu, vitamin A sangat bermanfaat untuk penglihatan, mencegah katarak, dan mampu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Mengatasi masalah rambut

Buah pare tidak hanya bisa diambil manfaatnya dengan cara mengkonsumsinya. Cara untuk mengatasi masalah rambut seperti rontok, berminyak, kasar atau kusut dan ketombean yang mengakibatkan kulit kepala kering dan timbul rasa gatal. Dengan membuat jus pare untuk diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala seperti saat keramas akan dapat mengatasi maslah rambut.

Sumber gambar: liputan6.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post