Manfaat Daun Kemangi

Penulis: Regina Qotrun Nada*

Assalamualaikum sahabat santri, bagaimana kabar kalian yang pastinya sehat kan? Sahabat pasti tahu kan apa itu daun kemangi? pastinya tau dong. selain sebagai pengharum makanan daun kemangi juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Simak yuk!

Pertama, menjaga kesehatan jantung. Daun kemangi yang kaya akan antioksidan eugenol yang berguna untuk merendahkan dan mengendalikan kadar kolestrol beserta gula darah, oleh karena itu daun kemangi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

(Baca juga: manfaat bangun dan bersujud di sepertiga malam)

Kedua, mengatasi kejala batuk dan flu. Daun ini ampuh sebagai ekspetoran dalam mengencerkan lendir penderita bronkitis dan asma, sayuran ini didalamnya terdapat mileral yang berkhasiat dalam merendahkan dan mengatasi sakit batuk dan flu.

Ketiga, meringankan stress. Adanya kandungan adaptogen dalam daun kemangi yang bersifat anti stres. Jika anda ingin meringankan stress minum dengan cara direbus daun kemanginya dengan di tambah dengan madu.

(Baca juga: Ini dia lima manfaat daun pepaya)

Bukan hanya untuk kesehatan ini juga daun kemangi bisa untuk perawatan kecantikan. Seperti mencerahkan dan merawat kulit wajah,ter apat pada zat aktifnya yang berperan penting dalam proses regenerasi sel sel kulit.dengan cara tumbuk daun kemangi sebagai masker yang bisa membuat wajah anda lebih cerah dan segar.

Dan mengatasi jerawat, nutrisi yang bersifat antibakteridan anti jamur mampu membersihkan darah yang kotor,termasuk juga dalam mengatasi masalah jerawat.

Sumber gambar: dreams.co.id

Penulis merupakan siswa kelas  X PK 3 MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post