Biji Bunga Matahari Bisa Atasi Kanker? Yuk Simak Manfaat Lainnya!

Penulis: Rintan Setyo Minarti*

Siapa yang tidak tahu kuaci? Camilan yang dihasilkan dari biji bunga matahari yang sudah kering ini cukup populer di Indonesia. Seringkali biji matahari diolah menjadi makanan ringan yang memiliki rasa gurih dan asin. Selain cocok dijadikan camilan saat bersantai, ternyata selain sebagai camilan, kuaci memiliki banyak manfaat buat kesehatan loh, wah yuk simak manfaat berikut!

(Baca juga: Ini dia lima manfaat daun pepaya)

Pertama, kuaci bisa menangkal radikal bebas. Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu menangkal radikal bebas. Sehingga daya tahan tubuh Anda akan terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kedua, mengatasi peradangan. Mengonsumsi olahan biji bunga matahari secara teratur, ternyata dapat mengatasi masalah peradangan loh. Mengonsumsi empat sampai lima kali dalam seminggu dapat membantu mengatasi peradangan.

Ketiga, menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan protein, asam lemak, hingga magnesium pada biji bunga matahari dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

(Baca juga: apa manfaat jahe jika dikonsumsi secara rutin?)

Keempat, menghancurkan pertumbuhan sel kanker. Biji bunga matahari mengandung selenium yang dapat membantu menghancurkan pertumbuhan sel-sel kanker. Sehingga hal ini akan membuat Anda terhindar dari bahaya penyakit kanker. Selain itu, mengonsumsi kuaci secara rutin juga efektif memperbaiki sel DNA yang rusak. Biji bunga matahari memiliki kandungan polifenol yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, sehingga membantu menghancurkan oksidan dalam tubuh.

Kelima, meningkatkan kinerja otak. Kandungan triptofan pada biji bunga matahari dapat memproduksi seretonin yang mampu meningkatkan kinerja otak. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung kolin yang berfungsi untuk meningkatan memori dan penglihatan. Sehingga mengonsumsi kuaci secara teratur dapat menjaga kesehatan otak.

Nah itu tadi beberapa manfaat dari biji bunga matahari atau kuaci yang biasa kalian makan sahabat, luar biasa bukan! Semoga bermanfaat ya.

Sumber gambar: m.brilio.net

Penulis merupakan siswa kelas XII IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post