Ini Dia Manfaat Buah Apel bagi Ibu Hamil

Penulis: Rintan Setyo Minarti*

Ketika hamil,  ibu mungkin ingin memakan (atau biasanya disebut ngidam) camilan atau makanan yang manis seperti permen atau sepotong kue. Nah jika keinginan itu datang, ibu bisa mencoba untuk membiasakan camilan sehat seperti buah-buahan.

Buah adalah solusi sempurna. Buah menawarkan rasa manis yang dibutuhkan dan nutrisi untuk janin dalam kandungan. Buah tersebut salah satunya adalah buah apel. Apel kaya serat dan sumber vitamin A, vitamin C, dan potasium yang baik. Nah ini dia manfaat apel bagi ibu hamil, yuk simak selengkapnya!

Pertama, buah yang rendah gula. Ngidam makanan atau camilan manis? apel solusinya, karena terlalu banyak mengkonsumni gula tidak baik bagi ibu hamil.

Baca juga: ini dia manfaat biji bunga matahari)

Nah, apel terbuat dari air dan karbohidrat. Sehingga, mengandung jumlah gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa. Manfaat apel untuk ibu hamil lainnya diperkaya oleh fakta bahwa ia juga mengandung antara 1 hingga 3% dari RDA harian (Recommended Dietary Allowance) dari vitamin B-kompleks seperti tiamin, riboflavin, niasin, piridoksin dan asam pantotenat dan asam folat.

Kedua, buah apel kaya akan vitamin C.  Vitamin C yang terkandung yakni 8% dari RDA, dan jumlah yang lebih kecil dari Vitamin A, E dan K. Buah apel juga mengandung sejumlah kecil mineral penting seperti zat besi, kalsium, magnesium, kalium dan fosfor. Selain itu juga sebagai sumber fitonutrien yang baik seperti beta-karoten, cryptoxanthin, flavonoid dan antosianin. Senyawa fenolik seperti procyanidin dapat ditemukan di kulit, pulpa dan inti apel. Oleh karena itu, jika ibu memakan apel, kulitnya ikut dimakan, ya. Karena kaya dengan anti-oksidan yang mampu melawan radikal bebas.

(Baca juga: daun sejuta manfaat)

Ketiga, buah apel bisa menjadi cara diet sehat selama kehamilan. Kalium adalah mineral utama yang ada dalam apel, dan membantu menjaga kesehatan jantung. Apel juga kaya serat yang disebut pektin, yang membantu menurunkan kadar gula, meningkatkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Sebuah study trusted source yang diterbitkan dalam jurnal thorax mengungkapkan  bahwa, seorang ibu dan anak yang mengkonsumsi apel selama masa kehamilan cenderunh terhindar dari alergi dan asma di masa kanak-kanak.

Keempat, sebagai detoksifikasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat apel untuk ibu hamil, jika dikonsumsi secara teratur, dapat membantu menghilangkan racun seperti merkuri dan timbal dari tubuh. Jadi, adalah ide yang baik untuk memasukkan apel ke dalam makanan harian Anda untuk memastikan bahwa racun dikeluarkan dari tubuh.

Nah itu tadi empat manfaat buah apel untuk ibu hamil, jadi mulai sekarang jangan ragu untuk mengkonsumsinya ya. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: kumparan.com

Penulis merupakan siswa kelas XII IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post