Angkat Judul Tipotaku (Triple Power Of Tapal Kuda), Tim LKTI SMA Nuris Jember Raih Juara 2 Tingkat Nasional

Paduan Tiga Bahan dalam Pembuatan Bioetanol, Siswa SMA Nuris Jember Kalahkan Peserta Lain di Ajang Nasional

Pesantren Nuris- Tim LKTI SMA Nuris Jember kembali meraih juara 2 LKTI tingkat nasional. Kali ini dalam ajang LKTIN ELCCO Nasional yang diadakan oleh Himpunan mahasiswa Teknik Elektro Universitas Udayana Bali. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2021 lalu.

(Baca juga: dua siswa sma nuris jember borong juara cipta cerpen nasional ajang mapk fair 2021)

Tim SMA Nuris Jember ini terdiri dari Tegar Ramadani dari kelas XII IPA 1, Deli Annisa Virca dari kelas XII IPA 1, dan M. Nidhor Fairuza dari kelas X IPA 1.

Lomba yang diadakan secara online ini, dimulai pada 2 Januari 2021, dan untuk pengumpulan karya tanggal 27 Februari 2021,  pengumuman finalis 10 besar 7 Maret 2021, terakhir presentasi final 19 Maret 2021. Lomba ini mengangkat tema “Mendukung Adanya Implementasi EBT (Energi Baru Terbarukan)”

Tim SMA Nuris Jember mengangkat judul karya Tipotaku (Triple Power Of Tapal Kuda), yakni bioetanol dengan tiga kombinasi, yakni limbah batang tembakau, limbah tebu, dan kulit kakao.

(Baca juga: karya komik siswa sma nuris jember kreatif raih juara 2 dentine essay competition di unair surabaya)

“Kami mengusung tema ini dikarenakan tema besar dari lomba ini yakni mendukung adanya Implementasi EBT (Energi baru terbarukan) yang dimana tema tersebut merupakan tema yang paling sering dibicarakan oleh kalangan para peneliti, pasalnya cadangan minyak bumi di Indonesia hanya diperkirakan mencapai 9,5 tahun lagi. Tipotaku dibuat dengan menggunkan konsep pendekatan wilayah Tapal Kuda dikarenakan limbah dari bahan baku Tipotaku merupakan limbah yang bersal dari daerah Tapal Kuda dan merupakn limbah terbesar di areal pertaniannya,” ungkap Tegar Ramadani selaku ketua tim.

“Alhamdulillah kami bersyukur sekali dapat meraih juara 2, meski awalnya tidak menyangka karena banyak sekali kendala di lapangan yang kami hadapi ketika perlombaan. Seperti koneksi internet yang error, dan lain-lain. Alhamdulillah usaha tidak pernah mengkhianati hasil, kami berhasil jadi juara,” lanjut Deli Annisa Virca, salah satu tim SMA Nuris Jember. [Red.Dev]

pengumuman juara
Related Post