Wajah Cantik Karena Air Wudhu? Kenapa Tidak!

Penulis: Rani*

Banyak wanita yang menghabiskan uangnya untuk membeli produk kecantikan agar wajahnya terlihat putih dan bersih. Padahal, masih ada cara untuk membuat wajah tampah bersih. Tanpa mengeluarkan banyak biaya. Nah, cara itu dengan berwudhu.

Umat islam akrab sekali dengan aktivitas berwudhu.Berwhudu biasanya dilakukan sebelum melaksanakan shalat. Ternyata bagian tubuh yang terkena basuhan saat berwudhu memiliki banyak jutaan sel saraf yang akan bereaksi, menurut Profesor Leopold yang dilansir ari laman Mojok.co.

(Baca juga: manfaat musik bagi kesehatan)

Berwudu bisa 5 kali sehari dari sholat subuh, sholat dhuhur, sholat ashar, sholat magrib, dan terakhir sholat isyak. Namun, biasanya ada yang melakukan sholat sunnah. Jadi, hitungannya sudah berbeda. Jika dihitung dalam setahun kita bisa wudhu sampai 1.825 kali, dalam sebulan kita sudah 150 kali. wah banyak ya, seharusnya kita mendapat begitu banyak manfaat dalam berwudhu. Terlebih lagi di waktu siang hari, sore hari, dan dipagi hari. Saat waktu tersebut saraf kita yang terkena rangsangan air wudhu, membuat tubuh kita lebih merasa rileks dan lebih bahagia.

Penadapat Profesor Leopold sebenarnya sudah dijelaskan pada ribuan tahun yang lalu oleh Nabi Muhammad SAW. Baginda Rasul mengakatakan jika orang yang berwudhu maka wajahnya akan bercahaya.

Nah, dengan cara berwudhu juga cara terbaik untuk membersihkan wajah dari sumbatan kotoran yang berasal dari pori-pori wajah, wajah tampak lebih bersih, dan bisa menjaga kelembaban wajah.

Tidak hanya untuk kecantikan saja air wudhu, tapi gerakan berwudhu juga bisa menjaga kesehatan. Hal ini dijelaskan oleh Mokhtar Salem dalam bukunya Prayers a Sport for the Body and Soul.

Air bersih jika digunakan untuk berwudhu akan merangsang titik-titik akupuntur pada wajah yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Orang yang rajin berwudhu senatiasa wajahnya lebih bercahaya dan tampak lebih bersih.

Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah R.A ia berakata;”Aku pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda; “Kemilau cahaya seorang mukmin (kelak pada hari kiamat) sesuai dengan batas basuhan wajahnya,” (Mutthafaq ‘Alaih).

(Baca juga: ini dia enam manfaat buah pear)

Nah, bagaimana sahabat santri? Masih ragu dengan kehebatan Air Wudhu? Jangan ragu lagi ya, sekarang jangan pusing dengan produk kecantikan yang mahal, cukup dengan berwudhu wajah kita lebih bersinar dan tampak lebih bersih.

Dan nggak perlu mengeluarkan banyak biaya, bahkan malah kita yang mendapatkan pahala. Kurang apa hayo? udah dapat pahala wajah jauh lebih bercayaha lagi. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar: islamituindah.info

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post