Refana Aisyah: Percayalah Matematika tidak Sesulit yang Dibayangkan

Penulis: Nur Tasya Diana F.N*

Refana Aisyah Ababil seorang gadis kelahiran Jember, 10 Oktober 2005. Refana merupakan salah satu santri Nuris berprestasi di bidang Matematika. Ia berhasil meraih juara 3 Matematika tingkat nasional. Bagaimana ia bisa meraih juara?

Yuk simak wawancara berikut!

Bagaimana perasaan Anda ketika mendapat berita bahwa Anda meraih juara?

Sangat senang, bersyukur, dan tidak menyangka bahwa saya akan mendapat juara. Ini semua berkat usaha dan do’a saya dan orang tua, serta teman-teman semua.

Mengapa Anda sangat ingin mengikuti lomba tersebut?

Karena menurut saya matematika itu tidak sulit jika kita ingin mengasah kemampuan. Saya ingin mengikuti lomba tersebut karena saya ingin mengasah kemampuan saya di bidang tersebut (red:Matematika).

(baca juga: Naura Yasmin: Terus Menggenggam Mimpi sampai Mimpi Saya Terijabah)

Siapa yang memeberi motivasi kepada Anda?

Saya termotivasi dari kakak-kakak yang sudah berhasil mendapatkan juara dalam bidang tersebut. Saya yakin harus bisa seperti mereka juga. Dari itu saya terus semangat belajar untuk mendapatkan juara.

Di mana lomba itu dilaksanakan? Apakah dari sekolah atau dari luar sekolah?

Di lab komputer SMA Nuris, lomba ini dari luar sekolah. “NATIONAL MATH COMPETITION” yang dilaksanakan oleh Maloka Foundation dan saya mengikuti lomba ini dengan cara mandiri.

Kapan Anda mulai menyukai Matematika ? Dan kapan Anda memulai mengikuti lomba seperti ini?

Saya menyukai pelajaran matematika sejak saya duduk di Sekolah Dasar (SD), dan saya belum pernah mengikuti lomba. Tanggal 21 Maret 2021 adalah lomba matematika pertama yang saya ikuti.

Apa pesan Anda untuk anak-anak yang pernah mengikuti lomba tapi tidak mendapatkan juara?

Jangan pantang menyerah,terus berusaha dan jangan lupa berdo’a dan minta dukungan kepada orang tua, guru, dan teman. “Usaha tidak akan menghianati hasil,tetap semangat Kalian pasti bisa manjadi juara”

“YAKINNN”

*penulis adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA NURIS Jember dan aktif di kegiatan ekskul jurnalistik Nuris    

Related Post