Selamat! Aktif di Kegiatan PKPT IPNU dan IPPNU, Alumni Nuris Tak Lupakan Tugas Akhir

Ambil Penelitian Tentang Implementasi Pembelajaran Fiqih dengan Sistem SKS, Alumni Nuris Gelar Seminar Proposal

Pesantren Nuris- Kabar bahagia datang dari alumni SMK Nuris Jember, jurusan teknik computer dan jaringan (TKJ) lulusan tahun 2017. Yang baru saja menyelesaikan seminar proposal skripsinya pada 09 April 2021 lalu. Ia adalah Ifadatul Hasanah.

Gadis yang akrab dipanggil Ifa ini, semasa di nyantri di Pesantren Nuris Jember pernah menjadi pengurus keberhasihan, dan juga pernah menjadi ketua wilayah di asrama putri dalem barat. Setelah lulus dari SMK Nuris Jember, ia lantas melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, ia berhasil diterima melalui jalur UM-PTKIN di jurusan tarbiyah PAI UIN Khas Jember.  

(Baca juga: penelitian lumayan berat, bukan alasan tak lulus cepat)

Ia mengaku mengambil jurusan ini karena ingin mendalami ilmu agama islam. “Karena menurut saya selain menimba ilmu umum, mempelajari ilmu agama Islam juga akan membentuk akhlak dan pribadi saya. Juga mempelajari dan mengajarkan ilmu agama merupakan investasi pahala yang tidak bisa terbayarkan oleh apapun. Ini juga merupakan hal baik yang bisa menjadi tabungan pahala untuk saya nantinya Insyaallah,” ungkapnya.

Selain sebagai mahasiswa, ia juga aktif di kegiatan PKPT IPNU DAN IPPNU di UIN Khas Jember. Dan pada tanggal 09 April 2021 lalu ia berhasil mengajukan seminar proposal skripsinya secara offline, ia mengambil judul “Implementasi Pembelajaran Fiqih Pada Program Sistem Kredit Semester Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember,”

“Alasan saya mengambil judul penelitian ini karena uniknya pada program SKS (sistem kredit semester) atau percepatan belajar untuk siswa yang memiliki kecerdasan istimewa, dan yang saya tahu program SKS ini hanya diselenggarakan beberapa sekolah di Jember, karena persyaratan penyelenggaraan program SKS ini harus sekolah yang memiliki SDM yang memadai,” ujarnya.

(Baca juga: gemar berpuisi sejak smp, alumni nuris ini kini jadi anggota teater kotak)

“Alhamdulillah, seminar saya berjalan lancar dan harapan saya kedepannya semoga bisa lulus kuliah tepat waktu, mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion saya dan bisa mengangkat derajat kedua orang tua, amin,” lanjutnya.

Tak hanya sampai di situ, ia juga memberikan kesan dan pesan selama pernah nyantri di Pesantren Nuris Jember. “Kesannya tentu banyak sekali ilmu yang saya dapatkan di pondok pesantren tercinta ini hingga saya bisa pada titik sekarang ini. Untuk adik-adik, tetap semangat ya belajar di pesantren, di pesantren itu bukan dikurung melainkan melatih kita untuk mandiri, sabar dan ikhlas,” ujarnya mengakhiri. Semoga sukses selalu ya, dan bisa lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan amin. [Red.Dev]

Nama: Ifadatul Hasanah
Alamat: Dusun Onjur RT:003, RW: 006 Sempolan – Silo – Jember
Tempat, tanggal lahir: Jember, 22 Januari 1999
Lembaga: SMK Nuris Jember, TKJ, 2017
Kuliah: S1 Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Khas Jember

Foto Ifa setelah Seminar Proposal

Related Post