Raih Juara 1 LKTI Tingkat Kabupaten, Tim SMA Nuris Jember Keren Bingit!

Manfaatkan Limbah Kulit Singkong dan Serbuk Kayu, Bawa Pulang Piala Kemenangan

Pesantren Nuris- Siswa SMA Nuris Jember  kembali mencetak prestasi di bidang karya tulis ilmiah. Ini  merupakan salah satu bukti bahwa mereka terus melakukan inovasi dan kreatif meski di tengah pandemi covid 19 yang melanda.

Kali ini lomba karya tulis ilmiah mengangkat tema tentang sumber energi terbarukan dari tanaman membuat siswa tersebut kembali meraih juara 1 tingkat kabupaten. Mereka adalah M. Nidhor Fairuza dari kelas XI IPA 1, dan Alyaa Nur Karimah dari kelas XI IPA 1, dua siswa SMA Nuris Jember ini tergabung dalam tim LKTI SMA Nuris Jember.

(Baca juga: santri nuris borong medali di ajang posi 2021 tingkat nasional)

Lomba yang diadakan oleh LKTI HMM UMJ 2021 tingkat Kabupaten Jember yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Universitas Muhammadiyah Jember ini dilaksanakan pada Rabu, 8 September 2021 lalu. Dan diumumkan pada hari sabtu 18 September 2021 pukul 10:30 WIB.

Mereka mengambil judul karya REECEES (Renewable Energy from Cassava peel and Swadust) Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong dan Serbuk Kayu Sebagai Bahan Bakar Altenatif Ramah Lingkungan Menuju Indonesia Emas 2045.

(Baca juga:cerdas dan kreatif siswa ma unggulan nuris juara 3 Obi tingkat jawa timur dan bali)

“Judul ini kami ambil karena banyaknya limbah kulit singkong dan serbuk kayu yang dibiarkan begitu saja. Hal ini membuat kami berpikir untuk dapat memanfaatkan limbah tersebut menjadi bahan bakar alternatif,” ujar Nidhor.

“Alhamdulillah, saya bersyukur sekali akhirnya berhasil membawa pulang piala kemenangan, untuk lembaga kami tercinta SMA Nuris Jember, semoga kedepannya semakin banyak lagi prestasi yang dapat saya dan teman-teman saya raih. Tak hanya di bidang LKTI tetapi juga bidang lainnya, amin” tambah Alya.

Selain Alya dan Nidhor, tim SMA Nuris Jember lainnya juga berhasil meraih prestasi yakni juara harapan satu, mereka adalah Mila Hindrayani dari kelas XI IPA 3, dan Rubiatul Faruqi dari kelas XI IPA 3 SMA Nuris Jember.

Mereka mengankat judul “Zowaste : Instalasi Reaktor Biogas Limbah yakni Sistem Pertanian Organik Jerami Dan Eceng Gondok Sebagai Bahan Bakar Alternatif Di Masa Depan Berbasis Zerowaste” [Red.Dev]

Related Post