Mandalika, Sirkuit Balap Kelas Internasional Kebanggaan Indonesia

Penulis: Yahya Firmansyah*

Sirkuit Internasional Mandalika (Secara Resmi Bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit) adalah sebuah sirkuit yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) lebih tepatnya di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini digadang-gadang memiliki aspal terbaik dan sebentar lagi akan digunakan untuk ajang balapan legendaris yakni MotoGp.

Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan. Sirkuit Mandalika direncanakan akan menjadi tuan rumah untuk ajang balap MotoGP musim 2022 dan juga Kejuaraan Dunia Superbike musim 2021.

(Baca juga: enam manfaat mentimun bagi kesehatan)

Pada awalnya sirkuit Mandalika direncanakan memiliki panjang 4,32 km dan 19 tikungan, namun desainnya diperpendek menjadi 17 tikungan. Menurut Ricky Baheramsjah, CEO Mandalika Grand Prix Association, tikungan dikurangi karena faktor keamanan: “Terlalu banyak tikungan, bisa berisiko kecelakaan. Lalu diganti dengan trek lurus untuk menambah aksi overtaking.”.

Saat peresmian, sirkuit ini memiliki panjang 4,31 km dan 17 tikungan, dengan kapasitas 50.000 tempat duduk di grandstand dan total mecapai 195.000 orang. Mandalika menggunakan aspal terbaik di dunia yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA), salah satu keunggulan aspal ini sangat menguntungkan pembalap yaitu tahan gelincir.

Pada Februari 2019 Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer mengkonfirmasi bahwa Sirkuit ini akan menggelar MotoGP selama 3 musim, dari musim 2021 sampai 2023. Namun, MotoGP tidak jadi digelar pada tahun 2021 karena pandemi covid-19 dan ditunda hingga 2022.

(Baca juga:yuk berhemat! ini dia tips atur keuangan ala santri)

Pada jadwal sementara MotoGP, Mandalika akan digunakan setelah GP pembuka di Losail, Qatar, di 20 Maret 2022. Sirkuit ini juga akan menjadi tempat digelarnya tes pramusim MotoGP musim 2022, dari 11-13 Februari 2022. Mandalika juga direncanakan akan menggelar Kejuaraan Superbike dan Asia Talent pada bulan November tahun ini.

Pertamina mengeluarkan dana sebesar 7 juta USD atau sekitar 100 miliar untuk hak penamaan dan juga menjadi sponsor utama sirkuit Mandalika, kontrak ini berlaku hingga 2022. Pada 12 November 2021, Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika beserta infrastruktur pendukungnya, ia kemudian mengendarai motor mengelilingi sirkuit. Peresmian tersebut dilakukan menjelang balapan Asia Talent Cup yang diselenggarakan dua hari kemudian. (yhy/jai)

Sumber gambar: republika.co.id

Penulis merupakan siswa kelas X Axioo SMK Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post