Suka Ngopi? Ini Dia Tips Memilih Kopi Terbaik!

Penulis: Juwita Indah*

Assalamualaikum sahabat santri. Gimana nih kabarnya? Semoga sehat selalu yah! Apakah sahabat santri suka minum kopi?  Nah kopi merupakan hasil pertanian dari Indonesia, produksi kopi sangat melimpah.  Apalagi kopi banyak di gemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Yang perlu sahabat tau  Indonesia sebagai negara penghasil kopi robusta terbesar kedua. Dan penghasil kopi arabika ketiga diantara negara-negara penghasil kopi lain seperti Brasil, Venezuela, dan Vietnam (2017).

Taukah sahabat cara selain indonesia menjadi penghasil robusta terbesar kedua, ada juga cara memilih kopi yang baik dan benar. Nah dibawah ini akan membahas tips- jitu memilih kopi.

(Baca juga: ini dia tips rawat wajah bebas komedo)

Pertama  pilihlah Biji Kopi yang Baru Dipanggang (freshly roasted).

Sahabat biji kopi yang enak untuk dijadikan kopi adalah yang berusia dua minggu setelah di roasting. Pada masa ini rasa dan aroma kopi akan muncul sekitar 30%. Tapi tergantung selera juga, penyuka kopi yang menyukai kopi dengan tingkat keasaman dan kafein yang ringan akan memilih light roasting. Sedangkan bagi penyuka rasa manis dengan keasaman dan kefein rendah akan memilih medium roasting. Untuk sahabat  yang menyukai rasa pahit dengan kafein rendah pilihlah dark roasting.

Kedua bagi sahabat  pencinta kopi sejati akan memilih biji kopi dibandingkan Kopi Bubuk.

Salah satu dari kelebihan membeli biji kopi adalah rasa dan mutunya tetap terjaga. Bubuk kopi rentan terpapar sinar matahari yang dapat menyebabkan turunnya kualitas serta berubahnya aroma yang dihasilkan.

(Baca juga: tips supaya gigimu sehat dan kuat)

Ketiga hendaklah  Cium Aroma Bubuk Kopi.

Dengan sahabat mencium bubuk kopi akan tau kopi mana yang masik layak diminum, bubuk kopi yang berkualitas memiliki aroma yang khas. Sedangkan bubuk kopi yang tidak layak akan mengeluarkan bau apek dari aroma ketika disajikan.

Catatan untuk para sahabat santri jangan minum kopi dalam jumlah yang banyak, karena dapat menyababkan asam lambung. Maka dari itu bijaklah dalam memilih dan mengkonsumsi kopi.

Sekian tips dari kami sahabat semoga bermanfaat, dan silahkan mencoba.

Sumber gambar: Aladokter.com

Penulis merupakan siswa kelas XII IPS SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post