Pernah Juara 3 Lomba Debat Ilmiah, Usai Wisuda Berpredikat Summa Cum Laude, Lanjut Pascasarjana

Langsung Abdikan Diri Usai Wisuda, Kini juga Berkonsentrasi Jalani Studi Pascasarjana

Pesantren Nuris – Benar-benar salut dan standing applause untuk alumni Nuris yang satu ini. Bukan sekadar berprestasi, juga memiliki gairah menempuh pendidikan tinggi yang membara. Tak cukup di situ, ia juga mendedikasikan diri di sebuah lembaga untuk menyalurkan passion sekaligus mengamalkan ilmunya. Luar biasa bukan? Agar tak penasaran, ayo kepoin profilnya!!!

Ulil Maziyatin Nafisyah, gadis berparas anggun ini, adalah lulusan MA Unggulan Nuris Jember, jurusan IPA, tahun 2017 silam. Karena cita-citanya ingin menjadi pendidik sejati, usai tamat dari lembaga yang dipimpin oleh Ning Balqis Al Humairo, ia bergegas mendaftarkan diri di salah satu kampus negeri favorit yakni, IAIN Jember—kini bertransformasi menjadi UIN Khas Jember.

Bak gayung bersambut, gadis kelahiran Lumajang, 24 Maret 1999 ini lolos masuk kampus impiannya melalui jalur prestasi yang dikenal dengan SPAN-PTKIN. Ia diterima di jurusan PGMI, yang memang menjadi keinginannya. “Memang suka berbagi pengetahuan apalagi dengan anak-anak kecil, rasanya seru sekali. Makanya kuliah ambil jurusan PGMI.” Tutur Nafis, sapaan akrabnya.

(baca juga: Kuliah ke Negeri Seribu Wali Yaman, Alumni MA Unggulan Nuris dapat Beasiswa Pendidikan Penuh)

Hari demi hari perkuliahan terlewati dengan benar-benar mengesankan. Pemudi yang tinggal di Balung Jember tersebut sukses membanggakan almamater tercintanya, UIN Khas Jember, melalui capaian prestasi mengagumkan. Tepat pada 14 Maret 2018 lalu, ia bersama teman sekelompoknya menorehkan prestasi sebagai juara 3 lomba debat ilmiah tingkat mahasiswa dalam ajang Pekan Ilmiah dan Seni se-Jawa Timur.

“Tentu ini jadi pengalaman yang mengesankan. Saya dipercaya menjadi salah satu tim lomba debat tingkat mahasiswa PGMI se-Jatim pada ajang Pekan Ilmiah dan Seni yang dilaksanakan di Jember. Alhamdulilah bisa mengharumkan lembaga saya.” Tuturnya mengenang kembali pengalamannya.

Hingga akhirnya ia mampu melewati masa studi sarjana dengan membanggakan usai merampungkan skripsi berjudul “Implementasi Strategi Word Square pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Balungkulon Jember”. Ia pun diganjar dengan capaian akademik menakjubkan yakni, IPK 3,88 atau summa cum laude.

Tak ingin terlena dengan capaian fantastis tersebut, gadis yang gemar membaca ini mendedikasikan pengetahuan dan pengalamannya di MI Nurul Islam Balungkulon Jember. Tak cukup di situ, di sela kesibukannya mengajar, ia melanjutkan studi pascasarjana di UIN Khas Jember. Bagi Nafis, di era global perempuan juga harus terus belajar mengembangkan diri sebagai bekal melahirkan generasi bangsa yang besar.[AF.Red]

Nama                    : Ulil Maziyatin Nafisyah
Lembaga              : MA Unggulan Nuris Jember, jurusan IPA, tahun 2017
Kuliah                   : UIN Khas Jember, Pascasarjana PGMI
Karier                    : Guru MI Nurul Islam Balungkulon Jember

Related Post