Tempa Diri di Berbagai Organisasi, Usai Sukses Raih Sarjana, Terpanggil Mengabdi di Almamater Tercinta

Mengabdi di MA Unggulan Nuris adalah Panggilan Hati meski Ada Peluang di Luar, Ingin Jadi Bagian Kemajuan Almamater

Pesantren Nuris – Alumni Nuris yang satu ini terbilang inspiratif. Pasalnya, usai menamatkan pendidikan sarjana di salah satu kampus negeri favorit di Kota Malang, ia bergeming di satu hati, yakni, mengabdikan wawasan dan ilmunya untuk almamater tercinta. Siapakah gerangan? Ayo lanjutin baca profilnya gaisss!

Nama lengkapnya adalah Kholil Mahmudi. Ia lulusan MA Unggulan Nuris Jember, jurusan Program Keagamaan (PK), tahun 2016 silam. Usai menamatkan studi di madrasah yang dipimpin oleh Ning Balqis Al Humairo, ia melanjutkan studi sarjana di kota apel, Malang.

Ia lolos diterima menjadi mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Fakultas Syariah, Jurusan Hukum Keluarga Islam melalui jalur UM-PTKIN. Termotivasi untuk menambah pengalaman belajar di luar kota asal, pemuda dari Desa Tamansari, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember ini mantap studi sarjana di kampus tersebut.

“Kesempatan belajar di luar kota saya manfaatkan sebaik-baiknya. Selain fokus belajar juga melatih mental leadership di organisasi seperti Dewan Ekskutif Mahasiswa Universitas pada Kementerian Bidang Kreativitas dan Pengembangan Mahasiswa. Dari sana banyak hal-hal baru yang saya dapatkan.” Tutur Kholil, sapaan akrabnya.

(baca juga: Kuliah ke Negeri Seribu Wali Yaman, Alumni MA Unggulan Nuris Dapat Beasiswa Pendidikan Penuh)

Seiring berjalannya waktu, pemuda kelahiran Jember, 09 Oktober 1998 tersebut, mampu menuntaskan studi sarjananya pada 24 Desember 2020 lalu. Ia merampungkan skripsi menarik berjudul “Larangan Kawin Mojok bagi Pasangan Calon Pengantin Perspektif ‘Urf (Studi di Desa Tamansari Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember)”.

Setelah menuntaskan pendidikan sarjana, ia terpanggil untuk kembali mengabdikan ilmunya di almamater tercinta, MA Unggulan Nuris Jember. Prinsip dan petuah yang dipegangnya adalah dari Pengasuh Gus Robith Qoshidi yakni, “Dari Nuris untuk Nuris”. Jika lembaga di Pesantren Nuris Jember memanggil, alumni harus bersiap untuk menjadi bagian kemajuan lembaga.

Lelaki yang memiliki hobi naik gunung ini juga menuturkan, “Menjadi sebuah kebanggaan bisa kembali dan membantu membesarkan MA Unggulan Nuris. Saya dididik di sini, kenapa tidak untuk turut mengamalkan ilmu saya di sini. Semoga membawa manfaat dan Nuris selalu berjaya.”[AF.Red]

Nama                    : Kholil Mahmudi
Lembaga              : MA Unggulan Nuris Jember, jurusan PK, tahun 2016
Kuliah                   : UIN Maliki Malang, Jurusan Hukum Keluarga Islam
Karier                    : staf pengajar mata pelajaran tafsir di MA Unggulan Nuris

Related Post