Ambil Jurusan Prodi Hukum Tata Negara, Alumni Ini Tertarik Dunia Hukum dan Politik

Memilih Tinggal di Pesantren, Alumni Ini Ingin Istiqomah

Pesantren Nuris- Alumni Nuris yang satu ini mengaku sangat tertarik dengan dunia hukum dan politik, meski demikian ia bertekat tetap melanjutkan nyantri sembari kuliah loh! Ini dia profil lengkapnya!

Agus Mutawaqqil Al Allah, atau yang akrab dipanggil Aqqil ini merupakan alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2021. Semasa duduk di bangku SMA Nuris Jember, ia aktif di kegiatan M-sains, dan ekstrakurikuler Hadrah.

Tak hanya itu, ia juga sempat medapat amanah untuk melaksanakan PAM (Program Abdi Masyarakat) internal di asrama SMP selama 1 tahun. Hal tersebut tentu saja menjadi pengalaman yang sangat berharga baginya.

(Baca juga: terinspirasi para garda terdepan covid, alumni ini pilih kuliah keperawatan)

Saat ini Aqqil tercatat sebagai mahasiswa di UIN Khas Jember, Prodi Hukum Tata Negara, Fakultas Syari’ah. Ia mengaku memilih jurusan ini karena tertarik dengan dunia hukum dan politik. “Karena sejak dulu saya sangat suka dan tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan hukum dan politik,” ungkapnya.

Menjadi mahasiswa bagi Aqqil merupakan hal baru baginya, dan perbedaan ketika menjadi siswa sangatlah berbeda. “Saat menjadi siswa kita itu masih banyak dibantu oleh guru khususnya masalah materi, karena kita itu tinggal mendengarkan guru menjelaskan materi. Sedangkan saat menjadi mahasiswa kita itu harus mencari materi sendiri,” ungkapnya.

Saat ini ia melaksanakan kuliah via online untuk materi dan offline untuk kuliah praktek.

Tak hanya aktif sebagai mahasiswa, ia juga aktif di kegiatan ekstra yakni di di UKM Ukor. “Saya ikut UKM Ukor yaitu unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang olahraga, dan saya ikut yang badminton,”  ujarnya.

Lelaki kelahiran Jember, 09 Juni 2002 ini memilih untuk melanjutkan nyantri setelah lulus dari Pesantren Nuris Jember, ia nyantri di Pesantren Miftahul Ulum yang dekat dengan kampusnya. “Ya saya berpikir jika saya ngontrak atau kos belum tentu saya bisa menjaga sholat lima waktu dan ibadah lainnya, oleh karenanya saya memilih untuk tinggal di pesantren,” ujarnya.

(Baca juga: suka dunia sosial sejak nyantri, alumni ini perdalam ilmu pengembangan masyarakat islam)

Aqqil berharap kedepannya bisa lancar dalam menuntut ilmu. “Semoga saya dalam menuntut ilmu di beri kelancaran dan kemudahan oleh Allah SWT,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Aqqil juga memberikan kesan selama pernah nyantri di Pesantren Nuris Jember. “Kesan saya selama mondok di Nuris adalah saya tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan umum saja, tetapi juga ilmu agama. Harapan saya untuk Nuris  kedepannya adalah semoga nuris dilancarkan segala pembangunan2 nya karena santri nuris setiap tahunnya selalu terus bertambah,” ungkapnya. [Red.ALF]

Nama: Agus Mutawaqqil Al Allah
Alamat: LOJEJER-wuluhan- Jember
Tempat, tanggal lahir: Jember, 09 Juni 2002
Lembaga: SMA Nuris Jember, 2021
Kuliah: Prodi Hukum Tata Negara, Fakultas Syari’ah, UIN KHAS Jember

Penulis merupakan siswa kelas XII SMA Nuris Jember

Related Post