Suka Ngemil? Kacang Satu Ini Salah Satu Camilan Penuh Manfaat Lho!

Penulis: Regina Qotrun Nada*

Edamame sebenarnya adalah kacang kedelai. Perbedaanya dengan kacang kedelai adalah edamame dipanen saat masih muda dan berwarna hijau. Edamame juga sering dijual dalam bentuk utuh dengan polong atau kulitnya, sedangkan kacang kedelai tidak.

Kacang edamame dapat diolah terlebih dahulu atau dikombinasikan dengan sayuran lain untuk menjadi berbagai jenis makanan, seperti nasi goreng atau sup. Namun, tak jarang kedelai edamame juga dinikmati sebagai camilan dengan cara direbus atau dikukus.

Anda juga dapat mengonsumsi kedelai edamame yang sudah diolah atau difermentasi, misalnya dalam bentuk tempe, tahu, saus, atau sup. Keunggulan kacang kedelai yang sudah diolah adalah lebih mudah dicerna. Sementara itu, kacang kedelai yang telah difermentasi, mampu meningkatkan jumlah bakteri yang baik dalam pencernaan.

Pertama, menjaga berat badan tetap ideal
Edamame yang kaya serat, protein, dan antioksidan juga dapat membantu menjaga berat badan. Beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan berserat, termasuk kacang kedelai dan edamame, rata-rata memiliki berat badan yang ideal.

Hal ini diduga berkaitan dengan efek edamame yang dapat mengurangi lemak tubuh, serta lebih lama dicerna sehingga dapat membuat kenyang lebih lama.

(Baca juga: apa-itu-chickpea-kecil-kecil-makanan-ini-kaya-manfaat-lho)

Beberapa manfaat di atas sejauh ini masih terbatas pada beberapa penelitian berskala kecil. Oleh karena itu, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk memastikan manfaat edamame untuk menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya penyakit.
Kedua, Menurunkan kadar kolesterol jahat. Suatu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai sebanyak sekitar 50 gram per hari dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi kedelai edamame secara rutin mampu mengurangi risiko penyakit jantung.
Ketiga, meredakan gejala menopause
Kandungan antioksidan isoflavon dan fitoestrogen pada kedelai edamame juga bermanfaat untuk meredakan gejala hot flashes atau munculnya sensasi panas di sekitar wajah, leher, dan dada pada wanita manopous.
Keempat, menyehatkan saluran pencernaan
Manfaat edamame lainnya adalah menjaga kesehatan saluran cerna. Suatu riset menunjukkan bahwa kandungan serat dan protein yang tinggi pada edamame akan berfungsi sebagai prebiotik yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran cerna.

Nah itu tadi manfaat dari edamame, semoga bermanfaat ya.

Sumber gambar: www.honestdocs.id

Penulis merupakan siswa kelas XI MA Unggulan Nuris

Related Post