Luar Biasa, Karya Esai Siswa SMA Nuris Jember Juara 3 Tingkat Nasional di UISI Gresik

Gagas Reaktor Biodiesel Ramah Lingkungan, Wujudkan Bangsa Mandiri Energi

Pesantren Nuris – Prestasi siswa SMA Nuris Jember semakin melambung tinggi melalui torehan anak didiknya di bidang karya tulis ilmiah. Yang terkini, dua siswa SMA Nuris Jember berhasil meraih juara 3 esai bidang Mst Tingkat Nasional dalam ajang “EM Week 9 Tahun 2023” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonsesia (UISI) Gresik pada 14 Juli 2023 dan diumumkan pada tanggal 15 Juli 2023.

Kedua siswa SMA Nuris Jember tersebut yakni, Sinta Nuriyah (kelas XII MIPA 3) dan Najwa Niken (XII MIPA 3). Melalui gagasan yang tertuang dalam esai berjudul “INFOBS” (Integrated Fryer with Oil Detecting System and Biodiesel Synthesis): Inovasi Berkelanjutan Guna Meningkatkan Pemanfaatan Energi Bersih dan Terjangkau”, mereka didaulat sebagai peraih juaranya.

“Perhatian kami memang pada pendayagunaan limbah yang berlimpah di negeri ini agar tidak hanya sekadar sampah, tetapi memiliki nilai ekonomi yang tinggi sebagai sumber energi. Apalagi di masa depan sumber energi fosil yang semakin terbatas bahkan nyaris habis, sumber energi minyak jelantah menjadi salah satu alternatifnya.” Tutur Sinta, selaku ketua tim LKTI SMA Nuris Jember ini.

(baca juga: Pelajar SMA Nuris Jember Satu-Satunya Delegasi Kabupaten Jember yang Lolos OSP ke Tungkat Nasional)

“Bayangkan rumah tangga mana yang tak pakai minyak dari kelapa sawit ini, mulai dari skala kecil hingga industri pasti butuh minyak goreng ini. Dari situ kami menyusun gagasan untuk merancang alat penggorengan yang terintegrasi dengan sistem pendeteksi ketidaklayakan  minyak goreng serta reaktor yang dapat mengolah minyak jelantah menjadi biodiesel.” Tuturnya.

Setelah berjuang melalui seleksi esai hingga lolos ke babak final dan presentasi, dua pelajar jenius SMA Nuris Jember ini akhirnya didaulat sebagai juara 3 menyisihkan puluhan peserta lainnya. Atas prestasi ini, mereka pun berhak atas tropi juara, piagam, dan uang pembinaan sebesar Rp750.000,000.

Mereka berharap ide yang tertuang dalam esai ini dapat diaplikasikan guna menggalakkan energi ramah lingkungan bagi kemajuan bangsa dan negara. Selain energi yang dihasilkan sangat baik, cara pemanfaatan alat penggorengan yang digunakan juga cukup sederhana dan mudah dioperasikan sehingga butuh dikembangkan lagi penelitian hal tersebut.[AF.Red]

Related Post