Bedah Buku Karya Santri: Titimangsa Kejayaan Islam

Judul buku    : Titimangsa Kejayaan Islam
Penulis          : Choula Afifah, dkk.
Penerbit        : Jagat Litera
Tahun Terbit            : 2021
Jumlah Halaman     : 98 hlm
QRBN                       : 62-896-5426-914
Peresensi                :
Dewi Ernawati

Sinopsis

Antologi Puisi “Titimangsa Kejayaan Islam” adalah kumpulan puisi yang oleh siswa-siswa MA Unggulan Nuris Jember. Setidaknya ada 64 judul puisi dalam antologi ini, yang membawakan berbagai tema yang beragam. Berawal dari keberagaman itulah, para siswa atau santri berani menemukan kisah mereka dalam sebuah karya. Dikemas secara rapi menjadi satu kumpulan puisi penuh makna dan nilai yang bisa dipetik pada setiap paragraf yang di goreskan.

Antologi ini menuangkan berbagai kisah kehidupan para santri mulai dari kisah mereka di pesantren, tentang perbedaan ideologi di Indonesia, meneladani kisah sahabat nabi, serta berbagai imajinasi kehidupan di masa yang akan datang pun tersaji dengan indah dalam antologi puisi ini.

(Baca juga: Sepucuk Surat Surga, Surat-surat Bersajak Tentang Renungan Hati)

Salah satu kisah yang ditulis oleh Choula Afifah yang berjudul “Titimangsa Kejayaan Islam” mengangkat tema kesuksesan seorang pemuda santri. Dalam setiap sajaknya menggambarkan bagaimana pemuda santri mengabdikan diri dan peduli kepada rakyat. Choula mampu menyampaikan peran besar yang dibawa oleh para pemuda santri yang ikut andil dalam kesejahteraan masyarakat.

Selain puisi di atas, ada banyak puisi lain yang mengandung nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Di karang oleh para santri MA Unggulan Nuris Jember dengan sajak-sajak yang indah. Dengan penyampaian yang menarik, pembaca tidak akan merasa bosan dalam menikmati setiap puisi-puisinya.

Seperti laksana pelangi yang tersusun dari berbagai warna dengan keindahan yang membuat hidup lebih berwarna, imajinasi  siswa-siswi MA Unggulan Nuris Jember pada setiap jengkal ingatan mereka tuangkan  dalam goresan kata hingga membentuk puisi penuh makna. Sehingga, santri mampu menyalurkan perasaan dan imajinasi mereka dengan memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin.

Kelebihan:

Tema yang diangkat sangat beragam sehingga para pembaca tidak merasa bosan ketika membaca buku ini. Banyak menggunakan kata puitis yang indah menjadi nilai tersendiri bagi pembaca

Kelemahan:

Beberapa penggunaan kalimat dalam cerpen penuh dengan makna tersirat, sehingga pembaca memiliki sudut pandang yang berbeda -beda ketika membaca buku ini.

Related Post