Ketekunan Bawa Alumni Nuris ini Gapai Impian Kuliah ke Mesir dengan Beasiswa Kemenag RI

Dibina oleh Syekh Ali Mohsen Mohamed Elsayed di MA Unggulan Nuris, Lewati Tes Seleksi dengan Sukses

Pesantren Nuris – Di antara empat nama siswa MA Unggulan Nuris yang lolos seleksi beasiswa kuliah ke Universitas Al Azhar Mesir, Muhammad Ghiffari Pranoto menjadi salah satunya. Usaha keras dan ketekunannya dalam belajar karena impiannya yang tinggi tersebut akhirnya menjadi lantaran ikhtiar yang terwujud.

Santri kelahiran Banyuwangi, 23 Juli 2004 ini memulai harapan yang tinggi belajar ilmu tafsir Al Qur’an dimulai sejak nyantri di Pesantren Nuris Jember, di bangku MTs Unggulan Nuris. Setamat itu tahun 2020, ia melanjutkan pendidikannya di MA Unggulan Nuris, jurusan khusus kitab kuning PK (Program Keagamaan), lulus tahun 2023.

Usahanya yang keras dan tekun bersama dosen tugas dari Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir, Syekh Ali Mohsen Mohamed Elsayed, setamat dari lembaga yang dipimpin oleh Ning Balqis al Humairo tersebut, ia Ghiffari mendapat kesempatan beasiswa penuh kuliah ke kampus impiannya di Mesir.

“Tesnya memang cukup berat dan panjang sekali. Alhamdulillah jauh-jauh hari sudah ada persiapan dengan bimbingan dosen dari Mesir di Nuris. Mulai dari tes pengetahuan tentang Islam, hafalan Al Qur’an, baca kitab hingga wawancara menggunakan bahasa Arab semua dapat dilewati dengan lancar.” Ungkap Ghiffari.

(baca juga: Dalami Ilmu Tafsir di University of Jordan, Lulusan MA Unggulan Nuris kelak Ingin Lanjutkan Pascasarjana di Turki)

Tepat pada 14 Juni 2023 lalu, ia dan tiga teman lainnya dari MA Unggulan Nuris dinyatakan lolos seleksi. Sejak itu pun, ia bersama teman-teman lainnya mempersiapkan mental sebelum pemberangkatan ke Mesir seraya berkhidmah di Pesantren Nuris Tercinta.

“Saya bersyukur bisa lolos seleksi kuliah di kampus yang saya impikan di Mesir. Saya berharap nanti banyak mendapatkan pengalaman dan wawasan yang lebih luas selain pastinya ilmu agama yang saya tuju. Kelak saya juga akan memanfaatkan ilmu yang saya dapatkan untuk kembali mengajar.” Tuturnya.

Sejak keberangkatannya dari pesantren pada awal tahun 2024 lalu, saat ini santri cerdas asal Banyuwangi tersebut menjalani pembelajaran matrikulasi bahasa Arab dan budaya, Darul Lughah. Konon perkuliahan akan dimulai pada bulan September 2024 mendatang. Ia berharap selama kuliah diberi kelancaran dan bisa membanggakan almamater tercinta.[AF.Red]

Nama              : Muhammad Ghiffari Pranoto
Ttl                   : Banyuwangi, 23 Juli 2004
Alamat            : Banyuwangi
Lembaga        : MTs Unggulan Nuris, Tahun 2020; MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2023
Kuliah             : Universitas Al Azhar Mesir, Jurusan Tafsir Al Qur’an

Related Post