Andrea Hirata Sang Penulis Cerdas Indonesia

Penulis: Juwita Indah P*

Andrea Hirata merupakan penulis terkenal di indonesia pria kelahiran bangka belitung pada tanggal 24 oktober 1976,mulai dikenal berkat karya pertamanya yang berjudul Laskar Pelangi yang menghasilkan tiga sekuel. Hirata memulai pendidikan tinggi dengan gelar di bidang ekonomi di universitas indonesia. Meskipun beliau mengambil jurursan ekonomi, ia amat menggemari sains-fisiska, kimia, biologi, astronomi dan sastra.

(Baca juga: opick berdakwah melalui lagu religi)

Andrea lebih mengindetikkan dirinya sebagai seorang akademi dan backpacker. Sedang menggelar mimpinya untuk tinggal di kye gompa, desa di Himalaya. Setelah menerima beasiswa dari uni eropa, dia mengambil programmaster di Eropa, yang pertama di Universitas Paris, lalu lanjut Di Universitas Sheffield Hallam di Inggris. Tesis dalam bidang ekonomi telekomunikasi mendapatkan penghargaan dari universitas tersebut dan ia lulus cumlaude.

Tesis telah diadaptasikan ke dalam Bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar berbagai refensi ilmiah.hirata merilis novel yang berjudul laskar pelangi pada tahun 2005. Novel ini ditulis dalam waktu enam bulan berdasarkan masa kecilnya di belitung dan ia kemudian menggambarkan sebagai sebuah ironi tentang kurangnya akses pendidkan bagi anak-anak di salah satu pulau terkaya di dunia. Novel tersebut tejual lima juta eksemplar, dengan edisi bajakan terjual 15 juta lebih.

(Baca juga: kisah inspiratif dari wirda mansyur)

Berikut karya Andrea Hirata:

Pertama, Tetralogi laskar pelangi, Laskar Pelangi (2005),Sang Pemimpi (2006),Edensor (2007), Maryamah Karpov (2008)

Kedua, Seri Maryamah Karpov

Cinta Di Dalam Gelas (2010),Padang Bulan (2010),Buku Besar Peminum Kopi(2020)

Ketiga, Seri Aini, Orang Orang Biasa (2019),Guru Aini (2020,Prekuel Dari Orang Orang Biasa )

Keempat, Trilogi Sikus Pohon , Sirkus Pohon (2017)

Kelima, Novel Lain, Sebelas Patriot (2011),Ayah ( 2015)

Keenam, Buku Lagu, Laskar Pelangi Song Book (2012)

Bukan hanya itu Andrea Hirata mendapatkan beberapa penghargaan, diantaranya,

Pemenag Buchawards Jerman 2013, Pemenang Fertival Buku New York 2013(General Fiction Category), Honorary Doctor Of Letters (Hon Dlitt) Dari Universitas Warwick 2015.

Sumber gambar: republika.co.id

Penulis merupakan sisa kelas XI IPS 3 SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post