Siswa SMA Nuris Jember Siap Jadi Astronom

Pesantren Nuris – Seluruh anggota astronomi SMA Nuris kembali melakukan penelitian bulan untuk kesekian kalinya. Kali ini penelitian dilakukan pada tanggal 11 April 2017 di depan Gedung Pemkab Jember tepatnya di Alun-alun kota Jember, pemilihan tempat yang strategis seperti itu tentu membuat pengamatan menjadi semakin mudah.

Penelitian yang berlangsung dari jam 19:30-21:00 WIB ini diikuti oleh 7 orang siswa. Awan yang mendung menjadi kendala utama bagi mereka  pada saat itu, sehingga mereka menunggu beberapa menit sampai awan cerah agar bisa melihat bulan dengan sempurna.

Kendati demikian, semangat mereka tidak surut begitu saja. Dengan didampingi oleh ibu Herlinda Arini Agustin, mereka berhasil melakukan pengamatan ini dengan sangat baik. Tentunya hal ini tidak mengherankan, selain bakat mereka yang memang mumpuni untuk menjadi seorang astronomi, pendamping yang didatangkan oleh SMA Nuris ini termasuk anggota Jastro Jember dengan pengalaman yang tak perlu diragukan lagi.

Mereka juga diajarkan bagaimana cara memasang Teleskop dan bagaimana cara menggunakannya (Kalibrasi) dengan baik.

(Baca juga: https://pesantrennuris.net/2017/04/beasiswa-unggulan-sma-nuris-jember/)

Pada kegiatan ini terihat sekali bagaimana eksistensi para Astronomi SMA Nuris dalam mempraktikan secara langsung ilmu yang selama ini mereka tekuni. Hal ini merupakan metode yang baik dalam belajar, bukan hanya teori saja yang mereka dapatkan, namun para astronomi tersebut bisa secara langsung mempraktekanya di lapangan.

(Baca juga: https://pesantrennuris.net/2017/04/berestafet-dalam-belajar-banggakan-sma-nuris/)

“semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, bisa meningkatkan pengetahuan anggota astronomi SMA Nuris.” tutur ibu herlinda selaku pendamping.[Red/IRA]

 

Related Post