Keistimewaan Membaca Al-Qur’an Pada Bulan Ramadhan

Pesantren Nuris – Sudah sepantasnya Kita sebagai umat islam untuk terus meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Bukti ketakwaan kita kepada-Nya adalah melaksanakan kewajiban dan kesunnahan-Nya.

Baca juga : ( Takjil Sehat, Ramaikan Ramadhan )

Bertepatan pada bulan Ramadhan pasti banyak amalan-amalan yang akan menghasilkan pundi-pundi pahala, seperti melaksanakan qiyamul’lail dan membaca Al-Qu’an.

Membaca Al-Qur’an pada bulan Ramadhan memang berbeda dibandingkan ketika membaca dibulan-bulan yang lain, dibulan biasa ketika kita membaca satu huruf Al-Qur’an kita akan diberi balasan pahala dengan sepuluh kebaikan dan ketika bulan ramadhan pahalanya akan dilipat gandakan hingga 700 kali lipat. Rasulullah bersabda :

“Barang siapa yang membaca satu huruf dalam kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Kita sebagai orang yang beriman jangan sampai menyia-nyiakan datangnya bulan Ramadhan yang hanya setahun sekali, terlebih-lebih ketika malam lailatul qodar. Kita jangan sampai tidak membaca Al-Qur’an, karena malam lailatul qodar adalah malam yang baik dari pada seribu bulan (83 tahun 4 bulan atau sama dengan 30.415 malam-malam biasa).

Sungguh banyak pahala yang diberikan Allah SWT kepada kita yang mau beribadah didalam bulan Ramadhan. Seperti membaca Al-Qur’an saja mempunyai potensi pahala hingga ratusan milyar. Sungguh sangat merugi jika di bulan Ramadhan kita membiarkannya begitu saja. Mari kita jadikan bulan Ramadhan ini sebagai ladang kita menanam dan menghasilkan pahala.(Red/Shilut)

Related Post