SMA Nuris Jember “Kutu Buku”, Siswanya Rebut Kejuaraan Implementasi Budaya Baca Perpusda

Pesantren Nuris – Lagi-lagi siswa SMA Nuris Jember tampil sebagai juara. Kali ini tim Resume Buku Biografi Tokoh sekolah tersebut berhasil dapatkan juara 3 dalam ajang lomba “Implementasi Budaya Baca” di Perpustakaan Daerah Jember (10/10/2017).

Tim resume tersebut terdiri dari tiga siswa, di antaranya Zulfa Maulida (XII IPS 1), Nais Septia Ningrum (XI IPA 1), dan Elya Rahmawati (X A). Mereka meresume buku yang berjudul Adicerita Hamka (Visi Islam Sang Penulis Besar Untuk Indonesia Modern). Karangan James R. Rush. Kerja keras mereka berbuah manis. Sebab mereka berhasil dapatkan juara 3 dua tingkat di bawah SMA Negeri 1 Jember sebagai juara 1 dan SMK Nuris Jember sebagai juara 2.

Mereka berhasil mengantongi nilai dengan total 1002 dari juri. Sedangkan SMA Negeri 1 Jember berhasil kantongi 1079 dan SMK Nuris Jember 1021. Selain itu, tim resume SMA Nuris berhasil menglahkan beberapa sekolah se-kabupaten Jember.

Tampil sebagai juara dalam lomba yang pertama kali digelar oleh perpusda ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi SMA Nuris Jember.  Bahkan mereka dapatkan apresiasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Jember berupa piala kemenangan, tropi, uang pembinaan, dan sertifikat.

“Kami merasa senang mendapatkan juara 2 dalam lomba Implementasi Budaya Baca ini karena lomba ini membuat kami tidak hanya membaca buku, melainkan kami juga memahami isi buku. Kami belajar menceritakan kembali isi buku, sehingga isi buku selalu kami ingat”, ungkap Zulfa salah satu salah satu anggota tim resume.

Persiapan yang dilakukan ketiga siswa peresume hebat asal SMA Nuris Jember tergolong singkat. Hanya butuh waktu 7 hari saja bagi mereka untuk membaca buku hingga tamat, membuat resume, membuat slide presentasi, hingga mempresentasikan hasil resume.

Di sekolah ketiga siswa tersebut memang terkenal sebagai siswa yang berprestasi. Bahkan Zulfa pernah menjuarai olimpiade Ekonomi tingkat kabupaten hingga provinsi. Selain itu, mereka juga termasuk siswa yang rajin dan aktif di kelas.

Melalui kemenangan tersebut, terbukti bahwa SMA Nuris Jember adalah sekolah yang mencetak siswa untuk menguasai ilmu secara komprehensif.

(Baca juga: SMK Nuris Jember, Sekolah Kejuruan Juarai Lomba Implementasi Budaya Baca Se-Jember)

“Saya bangga dengan kembali diraihnya piala kemenangan oleh siswa SMA Nuris Jember apalagi lomba Impelementasi Budaya Baca baru pertama kali digelar. Semoga SMA Nuris semakin eksis dengan prestasi”, tutur Gus Robith Qoshidi, Lc. Selaku kepala SMA Nuris Jember dan pengasuh yayasan Nurul Islam Jember. (Red/Yuv)

Related Post