Tembus Karir dan Industri, SMK Nuris Jember Datangkan HRD Perusahaan Ternama

Tembus Karir dan Industri, SMK Nuris Jember Datangkan HRD Perusahaan Ternama

Pesantren Nuris – SMK Nuris Jember terus merealisasikan program unggulan dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan dalam dunia karir dan industri. Beberapa waktu lalu, sekolah berbasis vokasi yang terkenal dengan Morisnya tersebut selenggarakan sosialisasi karir dan industri bersama HRD (Human Resource Development) perusahaan retail ternama di aula SMK Nuris Jember (23/9/2017).

Andi Cahyo Prasetyo, HRD PT. Indomarco Cabang Jember menyampaikan beberapa tips penting agar perusahaan atau dunia industri dapat menyerap siswa terampil dengan etos kerja yang baik dari SMK Nuris Jember. Alumni SMK secara teknis sudah siap terjun ke dunia industri, meski juga bisa melanjutkan kuliah. Namun, semua itu butuh persiapan fokus dan upaya tekun untuk mencapainya.

(Baca juga: Presiden Jokowi pun Jajal Moris Jelajahi Pesantren Nuris Jember)

“Setiap posisi kerja memiliki kriteria khusus dalam merekrut sumber daya manusia. Skill, emosi, dan kreativitas jadi paket komplet yang harus dikembangkan dalam tiap personalitinya.” Tegas Andi, selaku HRD 1 khusus bidang rekrutmen tersebut.

Sebelumnya, SMK Nuris Jember juga memotivasi siswa melalui alumninya yang juga kebetulan bekerja di perusahaan retail tersebut, Adif Citro Miftahul Agil. Lulusan SMK Nuris Jember tahun 2012 tersebut mengajak adik-adiknya untuk memiliki semangat tinggi karena di masa depan perlu potensi yang kompetitif agar mampu bersaing terutama di dunia kerja.

Adif, menjabat HRD 2 Bidang Internal PT. Indomarco Jember menyatakan, “Skill saja tidak cukup tembus dunia kerja dan industri, tetapi juga personaliti yang utuh paling menentukan di mana posisi kerjamu. Jadi, perlu latihan psikotest, latihan wawancara, atau sikap berkomunikasi karena setalah kuliahpun kita akan masuk dunia kerja toh.” Tambahnya.

(Baca juga: Liza, Mahasiswa Asal Jerman Ingin Kenalkan Moris ke Negaranya)

“Melihat semangat dan antusias siswa SMK Nuris Jember kelas XII mengikuti sosialisasi karir ini membuat saya optimis. Kualitas pendidikan di Nuris dan karakter unggul yang ditanamkan di sini punya andil besar tembus di dunia kerja.” Ungkap Untung Rahmatullah, Humas SMK Nuris Jember dan inisiator acara tersebut.

“Saat ini tinggal bagaimana fokus siswa dalam mengambil kesempatan. Tentu juga, saya berharap hal ini mampu membuka wacana baru dalam diri siswa bahwa menempati posisi kerja bukan melulu skill, melainkan juga karakter. Itu yang penting.” Imbuhnya.[AF.Red]

 

Related Post