Dewan Hakim dari Al Azhar Kairo, Mesir, MHQ di Pesantren Nuris Jember Ramai Peminat

Dewan Hakim dari Al Azhar Kairo, Mesir, MHQ di Pesantren Nuris Jember Ramai Peminat

Pesantren Nuris – Selepas dari prestasi santri Pesantren Nuris Jember yang terus berkibar di berbagai ajang dan tingkatan, di internal pesantren pun juga digalakkan kompetisi untuk melatih dan meningkatkan mental belajar santri. Salah satunya, MHQ (Musabaqoh Hifdzil Quran) yang diinisiasi oleh Ustad Harun Ar Rosyid pada malam Ahad (11/10/2017).

Tak tanggung-tanggung, yang bertindak sebagai dewan hakim MHQ internal pesantren ini adalah Syekh Muhammad Syauqi dan Syekh Mustofa dari Al Azhar, Kairo, Mesir. Mereka masing-masing adalah guru tamu yang akan mengabdikan diri di Pesantren Nuris Jember selama 3 tahun ke depan dan dosen tamu di IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Jember.

(baca juga: Jebolan Kelas Tahfiz MTs Unggulan Nuris, M. Farhan Rahardian, Sabet Juara Tingkat Provinsi di SMADA Surabaya)

Antusias santri Pesantren Nuris Jember sangat tinggi. Terdapat 42 santri yang terlibat. Meski kegiatan ini terkesan dadakan sebagai pengganti kegiatan muhadloroh yang seperti santri laksanakan, tetapi banyak santri yang melibatkan diri. Kategori hafalan yang di-murojaah  oleh kedua dewah hakim yang notebene hafal 30 Juz tersebut yakni, MHQ 1 Juz, 3 Juz, dan 5 Juz.

“Acara ini memang tidak terkonsep matang sebab ide ini muncul tiba-tiba atas permintaan Syeh Sauqi. Dia ingin melihat potensi tahfizul Quran santri di sini. Alhamdulillah, setelah tausyiah ba’da maghrib bersama beliau dan diumumkan MHQ sebagai pengganti muhadloroh, para santri merespon positif.” Ungkap Ustad Harun kelahiran Bangkalan, Madura ini.

(baca juga: Perdana, Siswa MA Unggulan Nuris Raih Juara Tahfidz Se Jawa-Bali)

“Tidak ada hadiah besar yang dapat kami berikan. Tetapi tetap kami beri bingkisan agar peserta MHQ terbaik bertambah semangat menghafal Alquran. Insya Allah berkah dan membawa manfaat. Salah satu peserta yang mendapatkannya adalah M. Farhan Rahardian, siswa MTs ini memang layak bahkan perah juara tahfiz se-Jawa Timur di Surabaya.” Imbuhnya.

“Saya bangga menjadi salah satu yang terbaik pada acara MHQ Nuris ini. Apalagi Jurinya yang sudah hafal Alquran 30 Juz dari Mesir. Ini sangat memotivasi saya menjadi salah seorang yang mulia melalui menghafal Alquran.” Tukas Farhan, salah satu perwakilan peserta yang sempat kami wawancarai.[AF.Red]

Related Post