Model Kreasi DNA Siswa, Bikin Belajar Biologi Makin Menyenangkan

Pesantren Nuris – Bagi siswa SMA Nuris Jember, pelajaran Biologi bukan menjadi pelajaran IPA yang menakutkan. Sebab, pembelajaran Biologi di SMA Nuris Jember dikemas dalam paket komplet sehingga tidak membosankan. Bahkan sempat menjadi pelajaran yang paling disukai siswa jurusan IPA.

Pembelajaran Biologi tidak hanya berpacu pada teori dan praktikum belaka, melainkan pembelajaran Biologi diarahkan untuk menghasilkan produk-produk tertentu. Kali ini, siswa diajak untuk menghasilkan produk berupa miniatur DNA (Deoxyribonucleic Acid) dan RNA (Ribonucleic Acid).

(Baca juga: Siswa SMA Nuris Jember Juara 2 Olimpiade Biologi se- Jawa Bali)

Antusias siswa ikuti pembelajaran Biologi dengan model menghasilkan sebuah produk tinggi sekali. Sebab mereka bisa lebih memahami seluk-beluk DNA dan RNA serta tidak hanya memahami DNA dan RNA dalam angan-angan saja, melainkan bisa lebih memahami DNA dan RNA.

“Kami senang dengan pembelajaran yang bisa menghasilkan produk seperti ini, sebab kami bisa lebih memahami apa yang dimaksud dengan DNA dan RNA. Selain itu, kami juga tidak boring. Kami semakin senang dengan pelajaran Biologi, “ Ujar Ahsan, salah satu siswa kelas XII IPA SMA Nuris Jember.

(Baca juga:Menangi Olimpiade Biologi se-Jawa Timur, Berlian Temukan Strategi Belajar Terbaik)

Siswa tidak hanya membuat saja, tetapi mereka juga dituntut untuk bisa menghafal dan mempresentasikan di depan kelas secara berkelompok. Hukuman-hukuman yang agak konyol juga diberikan kepada mereka yang tidak mengerjakan.

“Saya ingin anak-anak saya tidak bosan mengikuti pembelajaran Biologi dan tidak berfikir bahwa Biologi merupakan pelajaran yang susah. Oleh karena itu, pembelajaran Biologi harus dibuat sedemikian rupa sehingga tidak membosankan,” ujar Riski salah satu guru Biologi SMA Nuris Jember. (Red/Af/Yuv)

 

 

Related Post