Nilai Toefl Selangit, Jawara Olimpiade, Sosok yang Tekun dan Supel

Sebagian besar siswa menganggap bahwa bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak begitu penting dan rumit. Sebenarnya semua mata pelajaran itu sama, tidak ada yang mudah dan tidak ada yang susah asalkan kita selalu berusaha. Berikut merupakan hasil wawancara Dian Rahmatullah anggota jurnalistik website Pesantrennuris.net dengan Aulia Nabila, siswa berprestasi  di bidang bahasa Inggris SMA Nuris Jember.

Apa yang menyebabkan Anda menyukai mata pelajaran Bahasa Inggris?

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, artinya di manapun kita berada pasti kita menjumpai bahasa tersebut. Oleh karena itu, seyoganya kita harus menguasai bahasa Inggris agar ketika berkomunikasi dengan orang asal negara lain tidak bingung. Selain itu, menurut saya keren sekali apabila seseorang bisa berbahasa Inggris. Cita-cita saya yang ingin mengenyam pendidikan lebih jauh ke luar negeri menjadi pemacunya pula.

Menurut Anda apa yang menarik dari mata pelajaran Bahasa Inggris?

Yang menarik dalam mempelajari bahasa Inggris adalah pengucapannya. Ketika berbicara menggunakan bahasa Inggris kayak lebay. Tulisannya dengan cara pengucapannya tidak sama, jadi harus memahami kedua-duanya baik penulisannya maupun pengucapannya. Selain itu, untuk menjawab soal bahasa Inggris kita harus mengerti dulu artinya.

(baca juga: Siti Fatimatuzzahro: Bisa karena Terbiasa)

Bagaimana cara atau tips jitu mempelajari bahasa Inggris?

Setiap hal yang kita lakukan pasti membutuhkan proses. Sama halnya dengan mempelajari bahasa Inggris, harus tekun dan rajin. Saya memperdalam bahasa Inggris mulai dari MTs. Hal-hal yang saya lakukan di antaranya mengikuti bimbingan belajar bahasa Inggris, les toefl, dan lain-lain.

Apakah jika pandai bahasa Inggris, akan pandai di pelajaran lainnya?

(baca juga: Karena Juara, Berawal Dari Suka dan Menekuninya)

Semua itu bergantung pada pribadi masing-masing. Sebagai pelajar yang baik kita harus menyukai keseluruhan mata pelajaran. Namun dari keseluruhan mata pelajaran tersebut, pastinya kita akan menonjol di salah satu bidang. Kalau saya lebih suka di mata pelajaran yang penuh dengan analisis seperti bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Prestasi apa saja yang sudah Anda raih selama ini?

Beberapa prestasi di bidang bahasa Inggris yang pernah saya dapatkan di antaranya juara 2 Olimpiade Bahasa Inggris se-Jawa Bali di Unmuh Jember, juara harapan 1 olimpiade bahasa Inggris tingkat Karisidenan Besuki di Bondowoso, meriah nilai Toefl  553 di Texas, mendapat sekolah gratis di Pare dari pengasuh Pesantren Nuris Jember, Gus Robith Qoshidi, Lc.

Apa harapan Anda ke depan terhadap prestasi Anda di bidang bahasa Inggris?

Semoga prestasi saya di bidang bahasa Inggris semakin meningkat, selain itu nilai toefl saya semakin meningkat dan bisa kuliah hingga ke luar negeri. (Red/Dian)

 

Related Post