Tips Dapatkan Kebahagiaan Sejati

Penulis: Ahmad Zadun Naja

Assalamualaikum sahabat, semoga tetap sehat selalu. Sahabat, siapa sih yang tidak ingin hidupnya bahagia? Hehehhe…. semua orang pasti ingin hidupnya bahagia, baik di dunia maupun di akhirat. Apalagi jika kebahagiaan itu bisa kekal abadi pada diri kalian sampai di akhirat kelak. Karena bahagia merupakan sebuah perasaan yang menjadi dambaan setiap manusia. Tak ada satu pun manusia yang ingin hidupnya susah.

Kebahagiaan bisa diraih dengan bermacam-macam cara. Ada yang karena tertumpuknya harta dan terpenuhinya kepentingan tahta. Padahal sahabat, bila kita cerna semua anggapan itu salah. Sebab ujung-ujungnya semua itu hanya berskala duniawi yang dapat menghadirkan masalah. Berikut adalah tips agar hidup kalian senantiasa bahagia sejati.

(baca juga: Tips Semangat Balik ke Pondok Ala Santri Nuris)

Pertama, menyucikan jiwa. Pada dasarnya semua jiwa manusia itu suci, sebab semua manusia terlahir dalam keadaan suci (fitrah). Namun, dalam perjalanannya, kemudian jiwa itu kotor akibat ulah manusia itu sendiri. Lantas, bagaimana caranya agar jiwa itu bisa suci kembali? Yaitu dengan bertaubat (minta ampunan kepada Allah Swt). Allah selalu memberikan solusi bagi manusia untuk dapat meraih bahagia yang lebih haqiqi.  Dalam sebuah ayat Allah Swt berfirman yang artinya “Beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu”. Beruntung itu bahagia, dan bahagia diraih dengan bertaubat. Bila taubatnya diterima, maka ia seperti  orang yang baru lahir (tanpa dosa).

Kedua, intropeksi diri. Maksudnya, jangan menyebut aib orang. Ketahuilah, jika Allah menghendaki baik pada hambanya maka dia akan menjadikannya hamba itu cerdas melihat aib dirinya sendiri. Dalam sebuah ayat dijelaskan yang artinya “Apabila kamu hendak menyebut aib orang lain, maka ingatlah aib-aibmu sendiri (H.R. Ar. Rofi’i).

Ketiga, bersabar dalam menerima cobaan. Jika kita sabar, maka Allah Swt akan semakin sayang pada kita. Maka segala hajat akan dikabulkan-Nya. “Allah itu bersama orang-orang yang sabar”. Pasti kalian akan bahagia jika semua hajat kalian terpenuhi.

(baca juga: Tips Mencari Angpau saat Lebaran Ala Santri Nuris)

Itu tadi tiga tips agar sahabat bisa meraih kebahagiaan sejati baik itu di dunia maupun akhirat. Jangan banyak-banyak yang penting istiqomah melaksanakan tiga tips tadi insyaAllah berhasil. Amin,,, Tunggu tips-tips kami berikutnya.

Penulis merupakan siswa kelas XI PKA MA Unggulan Nuris. Dia juga aktif sebagai anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net.

Related Post