Mau Gak Ribet Saat Pulangan? Ini Dia Tips Pulangan ala Santri Nuris

Penulis: Alfin Selfiana

Libur semester menjadi hal yang membahagiakan bagi santri. Sebab, mereka harus menunggu selama satu semester. Sudah tradisi bagi santri, jika pulang dengan segudang barang bawaan. Hehehehe. Mau pulang dengan simple? Yuk, baca tips pulangan ala santri. Akhi dan ukhti, kita semua bahwa pulangan adalah momen yang sangat penting. Nah biasanya, kita akan prepare segala sesuatu jauh-jauh sebelumnya. Saat itu pula kita akan disibukkan dengan barang-barang bawaan. Mulai sekarang kita nggak perlu repot lagi dengan mengikuti tips di bawah ini kita bisa pulang dengan simple!

Pertama, pilih barang-barang yang menurut akhi dan ukhti sudah tidak berguna. (biasakan jangan menyimpan barangtak layak pakai)

Kedua, pilah lagi barang-barang yang sekiranya kurang penting seperti, peralatan sekolah, buku-buku yang penting untuk semester depan, dan barang yang kurang penting lainnya. Tinggalkan barang-barang tersebut di dalam lemari dan kunci lemari rapat-rapat.

(baca juga: Tips Dapatkan Kebahagiaan Sejati)

Ketiga, jangan gunakan kresek untuk packing karena itu akan mempersulit ketika kita di kendaraan bermotor, lebih baik gunakan kardus (ukuran sesuai).

Keempat, masukkan pakaian yang ingin akhi ukhti bawa pulang dalam bentuk gulungan berkaret gelang. Tata sedemikian rupa agar banyak tersedia ruang kosong. Barang-barang besar letakkan di bagian bawah disusul dengan barang-barang kecil diatasnya ikat dengan tali rafia agar kadus lebih rapat dan meminimalisir terbuka di tengah jalan.

Kelima, untuk barang yang bersifat privasi dan barang mudah pecah di dalam kardus, masukkan saja dalam tas. Mudah kan? akhi ukhti tinggal menggendong satu tas dan membawa satu kardus tanpa harus ribet berkresek.

(baca juga: Tips Menjaga Kesehatan untuk Santri Baru)

Jangan lupa di coba ya akhi ukhti. Apa salahnya mencoba untuk memudahkan diri sendiri. Yang terpenting jangan tergesa-gesa ketika prepare barang pulangan. Sebab dikhawatirkan akan ada barang yang tertinggal. Sekian tips dari kami semoga bermanfaat. Selamat berlibur dan nantikan tips-tips kami berikutnya.

Penulis adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Nuris Jember

Related Post