Gak Mau Sakit Saat Musim Hujan, Yuks Intip Tips Berikut

Penulis: Yosni Ayu*

musim hujan, sehigga kalian harus pandai menjaga kesehatan. Gak mau kan, tidak masuk sekolah gegara sakit? Apalagi menjelang Ujian Tengah Semester Genap. Heheehe… yuks intip tips menjaga kesehatan ala santri Nuris.

Pertama, konsumsi vitamin saat musim pancaroba. Konsumsi vitamin dapat meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh. Vitamin yang mudah dikonsumsi adalah vitamin C yang terdapat pada buah-buahan.

Kedua, tetap menjaga kebersihan. Membersihkan lingkungan pondok supaya tidak mudah terjangkit penyakit. Cuci tangan menggunakan sabun, dan jangan lupa bersihkan alat makan.

(baca juga: Tips Menjaga Kesehatan untuk Santri Baru)

Ketiga, penuhi kebutuhan cairan tubuh di musim hujan dengan mengonsumsi banyak air putih. Pastikan cairan dalam tubuh terpenuhi untuk melancarkan aliran darah, konsumsi air putih minimal 1.5 liter perharinya.

Keempat, jaga asupan makanan. Makan makanan yang bergizi dan sehat terutama ketika musim hujan tiba. Memperbanyak mengonsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap terasa hangat.

Kelima, selalu memperhatikan pola tidur saat musim dingin dan biasanya di musim hujan tubuh lebih mudah ngantuk, apalagi santri memiliki segudang kegiatan di sekolah dan di pondok. Jadi, ambil waktu yang tepat untuk istirahat dan tidur. Sebab, tidur dapat mengembalikan stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

(baca juga: Ingin Tidak Bosan Belajar Di Kelas? Yuk Coba Tips Berikut)

Akhi dan Ukhti jaga selalu kesehatan kalian di musim penghujan. Jangan sampai sakit. Semoga tips tersebut bermanfaat dan nantikan tips-tips kami berikutnya. 

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post