Filosofi Lampu dalam Kehidupan

Penulis: Sirli Qurota

Sebagian orang menganggap bahwa lampu hanya sebagai cahaya buatan yang dapat menerangi di saat kegelapan. Namun, jauh dari itu sebenarnya lampu memiliki makna spiritual yakni sebagai indikasi untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt, sang pemilik kebaikan. Di saat kita terjerumus ke dalam lubang kegelapan (masalah) maka kita harus mencari petunjuk kepada-Nya sang pemberi cahaya pentunjuk seperti pepatah yang mengatakan “Golek Dalan Padhang” yang berarti hidup di dunia harus mencari jalan yang terang (sumber cahaya). Lampu juga memiliki beberapa manfaat, di antaranya.

Membentuk persepsi. Lampu dapat menciptakan nuansa yang diinginkan, agar terkesan lebih luas pada ruangan yang sempit atau lebih tinggi pada ruangan yang rendah.

(baca juga: Belajar dari Hujan)

Memisahkan ruang. Penempatan cahaya dengan jenis pencahayaan yang berbeda dapat memisahkan ruang satu dengan ruang lainnya dalam satu area.

Memperbaiki mood. Cahaya dapat memberikan pengaruh terhadap jiwa manusia. Seperti menenangkan pikiran, relaksasi (menyeimbangkan emosi) serta menyejukkan hati.

Sinyal bagi kapal laut. Sinarnya dapat menjadi panduan untuk mencari letak mercusuar ketika pelaut ingin mendarat, sehingga mereja dapat lebih mudah untuk pulang

Menghindari kecelakaan. Ketika malam hari, di saat mengemudi kita memerlukan cahaya dari lampu depan dan belakang sepeda agar tidak terjadi kecelakaan.

(baca juga: Sopan Santun dalam Berbahasa Indonesia)

Oleh karena itu, agar lampu yang kita miliki tetap menyala, kita harus mengisi minyak di dalamnya. Caranya cukup mudah, yaitu dengan belajar, membagi ilmu,beramal, dan lain sebagainya. Seseorang yang menikah, sekolah, bekerja mencari nafkah merupakan bentuk ibadah guna memperoleh jalan terang untuk dirinya sendiri, keluarga, dan orang lain. Akan tetapi, dalam proses mencari jalan terang tersebut tidak seharusnya berlebihan karena akan nampak silau, sehingga menjerumuskan.

Penulis adalah siswa kelas X IPA 1 MA Unggulan Nuris. Penulis aktif sebagai anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

 

Related Post