Ingin Menjadi Fotografer Handal? Yuk Ikuti Langkah-Langkah Berikut!!!

Penulis: Muhammad Qorib Hamdani*

Pada zaman kontemporer saat ini semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkan foto yang terbagus baginya. Demi mendapatkan foto yang bagus, beberapa orang rela merogoh gocek yang cukup mahal, bahkan membeli kamera dengan harga yang fantastik. Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan foto yang bagus lewat kamera DLSR? Nah disini kita akan membahas tentang cara menghasilkan foto yang bagus bagi pemula dengan menggunakan kamera DLSR, yuk intip tips berikut ini!!!

Pertama, biasakanlah menggunakan mode manual, apa itu mode manual? Mode manual adalah dimana pengaturan cameranya harus serba manual atau mengatur eksposure. Eksposure terdiri dari beberapa sub, seperti ISO, SHUTTER SPEED, dan APULTURE/DIAFRAGMA.

(Baca juga: Gak Mau Sakit Di Musim Hujan Yuks Intip Tips Berikut)

ISO adalah pengaturan cahaya yang akan dimasuki oleh camera, jika angka pada ISO ditambah maka pengaruh terhadap cahaya akan lebih terang. Pasti yang menjadi masalah bagi pemula adalah pengaturan cahaya di malam hari. Nah, jadi penggunaan ISO yang besar di malam hari akan menjadikan gambar ada bintik. Maka haruslah seimbang untuk mengatur pencahayaan disetiap waktu, entah itu siang maupun malam.

SHUTTER SPEED adalah pengaturan cahaya yang akan dimasuki oleh camera, akan tetapi SHUTTER SPEED ini digunakan untuk mengurangi angka pada pencahyaan. Jika angka dikurangi maka cahaya yang ada pada gambar akan lebih terang, dan juga dapat menimbulkan motion blure pada gambar, maksudnya jika gambar yang akan difoto mengakibatkan buram.

ADULTURE/DIAFRAGMA adalah pengaturan cahaya yang akan masuk pada camera, akan tetapi hal ini jika angka pada ADULTURE/DIAFRAGMA semakin kecil maka cahaya yang masuk akan lebih banyak, hal ini juga berpengaruh pada jangkauan luas camera (dept of field).

Kedua, para pemula harus memahami aturan tiga baris untuk menentukan posisi objek saat memotret.

(Baca juga: Ingin Mudah Belajar Kitab Yuk Intip Tips Berikut)

Ketiga, nah inilah yang harus dilakukan oleh seorang pemula agar bisa menjadi fotografer yang handal yaitu harus perbanyak latihan. Latihan memotret gambar bisa dilakukan dimana saja tidak terbatas ruang dan waktu, entah latihan sambil tidur, jalan-jalan, dan lain-lain.

Keempat, pilihlah tipe kamera yang bagus dan sesuaikan dengan selera yang diinginkan. Ada beberapa tipe camera yang bagus untuk didapatkan oleh semua orang seperti, DSLR, MIROTES, dan lain-lain.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan oleh pemula untuk menjadi fotografer yang handal. Ikutilah cara ini ya kawan agar bisa mengahasilkan gambar yang bagus dan agar menjadi fotografer yang handal.

Penulis merupakan siswa kelas XI PK MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik.

Related Post