Kiat-kiat Sukses LKTI Hingga Tingkat Nasional!

Penulis: M. Irfan Maulana*

Assalamualaikum Sahabat santri. Kalian suka menulis? Atau suka berinovasi? Mengembangkan ide gagasan melalui tulisan memanglah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun, terkadang mereka menyerah ketika tak berhasil lolos di beberapa lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Nah kali ini kita akan bahas tentang kiat-kiat lolos abstrak hingga juara LKTI Nasional. Yuk simak tips berikut!

Pertama carilah lomba yang kira-kira kurang diminati oleh banyak kalangan, karena hal tersebut akan berpengaruh pada saingan kita nantinya.

(Baca juga: Tips dan Trik Sukses Hadapi Ulangan Dadakan)

Kedua carilah lomba yang sepadan dengan jenjang sekolah kita, misalnya kalian siswa SMA/MA/SMK maka ikutilah lomba dijenjang tersebut, jangan ikuti yang jenjang umum maupun mahasiswa.

Ketiga carilah bidang lomba atau subtema lomba yang jangkauannya lebih khusus, tidak terlalu luas. Karena itu akan memudahkan kita dalam merangkai kalimat dalam LKTI yang akan kita susun.

Keempat buatlah gagasan yang meyakinkan juri dan dapat diterima di kalangan masyarakat luas.

Kelima hubungkan gagasanmu/inovasi yang kamu buat dengan program pemerintah yang berlaku saat ini, serta sesuaikan dengan perkembangan jaman. Utamakan inovasi yang berbasis IOT (Internet Of Thing)

Keenam gunakan metode penelitian yang objektif, konkret karena metode penelitian sangat berpengaruh pada hasil dan pembahasan pada KTI yang kalian buat.

Ketujuh gunakan literatur yang terpercaya yang sudah dipublikasikan ke jurnal nasionalmmaupun internasional.

(Baca juga: Tips Merawat Kulit Wajah Tetap Cantik)

Kedelapan dalam penyampaian presentasi latar belakang masalah harus dijabarkan dengan gamblang dan jelas.

Nah sahabat itu tadi kiat-kiat sukses dalam menghadapi lomba KTI. Selamat mencoba sahabat santri!

Penulis merupakan siswa kelas XI PK MA Unggulan Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post