Tips Ampuh Pandai Menulis Puisi!

Penulis: M Irfan Maulana*

Assalamualaikum para literatur muda, dan para sahabat santri dimanapun berada.

Bagaimana kabar tulisan kalian hari ini? Masih semangatkah menulis tema-tema yang menarik? Lalu bagaimana tulisan kalian tentang sastra?

Kalian pasti bukan hanya kesulitan dalam membuat tulisan berupa sastra apalagi puisi, tapi juga sulit mencari tema apa yang ingin kalian ambil. Tapi, tenang saja kali ini kita akan membagikan tips untuk menulis sastra terutama puisi.

(Baca juga: Tips Pintar Memaknai Kitab Kuning)

Pertama, carilah salah satu sastrawan yang karya-karyanya ringan menurut kalian. Bacalah karya-karyanya menyeluruh hingga kalian menemukan ciri khas tersendiri dari sastrawan yang kalian baa karyanya.

Kedua, tentukan tema untuk puisi kalian yang pertama. Menentukan tema untuk puisi pertama yang kalian buat, lebih baik mengambil dari keadaan kalian. Jangan mengambil tema yang terlalu berat menurut kalian.

Ketiga, buatlah satu sampai dua bait terlebih dahulu. Ketika membuat puisi yang pertama kali, jangan menggunakan kata-kata yang terlalu rumit, gunakan kata-kata yang sederhana.

Keempat, jadikan seorang sastrawan yang kalian temukan sebagai pacuan kalian menulis. Ambil cara pandang sastrawan tersebut dalam mengungkapkan sebuah perasaan atau pemikirannya.

Kelima, sebarlah karya kalian kepada teman dan guru kalian. Mintalah mereka untuk menilai karya kalian. Juga sebarkan melalui media social kalian agar lebih banyak maasukan untuk karya pertama kalian.

Keenam, setelah ada komentar tentang tulisan kalian, buatlah kembali sebuah puisi dengan tema yang sama tetapi dengan berpacu pada komentar-komentar dari teman dan guru kalian.

Ketujuh, buatlah kembali dengan tema lain. Setelah membuat puisi menurut komentar orang lain, buatlah lagi sebuah puisi agar kalian terbiasa dengan sastra yang ini.

(Baca juga: Tips Menguasai Bahasa Inggris Dengan Baik)

Untuk tambahan, jangan membuat karya dengan mencontoh karya sastrawan terlalu banyak, jadikan karya kalian sebagai diri kalian sendiri.

Jika pelangi memiliki tujuh buah warna, sepekan memiliki tujuh hari maka inilah tujuh langkah untuk membuat sebuah puisi yang indah seperti pelangi dan akan terkenang sampai berpekan-pekan. Silakan mencoba kawan, semoga karya-karya kalian memiliki khas tersendiri.

Penulis merupakan siswa kelas XI PK MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post