Tips Mencegah Flu di Musim Hujan

Penulis: Deli Anisa Virca*

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk. Biasanya flu sering menyerang ketika musim hujan tiba seperti sekarang ini. Nah sahabat santri, baerikut adalah tips pencegahan flu yang bisa kita lakukan.

Pertama, lakukan Vaksinasi Flu. Melakukan vaksin bisa mengurangi risiko kekhawatiran terhadap flu dan mencegah keparahan gejalanya.

(Baca juga: Tips Supaya Liburan Panjangmu lebih bermanfaat)

Kedua, tingkatkan asupan vitamin C. Vitamin C dikenal mampu mendukung sistem kekebalan tubuh. Kita dapat mendapatkan vitamin C secara alami dari makanan yang dikonsumsi seperti pada paprika, strowberi, tomat, jeruk dan lain-lain.

Ketiga, kurangi stres karena stres yang berlebihan bisa mempengaruhi kesehatan dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, stres bisa membuat tubuh rentan sakit. Maka mengelola stres bisa membantu kita terhindar dari flu.

(Baca juga: Tips Pintar Memaknai Kitab Kuning)

Keempat, Olahraga secara teratur. Olahraga secara teratur terbukti membantu tubuh lebih sehat.

Kelima, Menyesap Teh Herbal Sebagian besar teh herbal seperti teh hijau, mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang bisa membantu mencegah flu dan pilek. Teh Herbal juga mampu menghangatkan ketika hujan turun dan hawa menjadi lebih dingin.

Nah itu tadi beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah flu di musim hujan. Semoga bermanfaat.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post