Es Krim Herbal Nan Organik Pecegah Hipetensi

Penulis: Tegar Ramadani*

Zaman modern merupakan zaman yang memiliki banyak sekali dampak baik maupun buruk. Dari dampak tersebutlah banyak manausia memehamai akan adanya ketelitian dalam memilih, baik dalam segi makanan bahkan dari pola hidup mereka.

Dampak negatif dari zaman modern banyak sekali bentuknya baik dari kecanggihan tekhnologi maupun hingga dalam segi kesehatan. Pada zaman yang begitu modern ini banyak sekali makanan yang dapat menyebabkan banyak penyakit, salah satu penyakit yang mengintai ialah hipetensi atau darah tinggi. Darah tinggi terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah oleh lemak akibat terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berkolesterol.

(Baca juga: Jajanan tradisional penekan angka kematian pada ibu melahirakan)

Berdasarkan data dari Departemen kesehatan pada tahun 2014 menyebutkan tercatat sebanyak 19.874 kasus hipertesi dan jumlah kematiannya mencapai 955 kasus. Hal  inilah yang menyebabkanya hambatan dalam kehidupan untuk mencapai kesehatan jasmani.

Untuk itu dalam menangani tersebut banyak inovasi yang telah ditawarkan untuk menggantikan obat kimia yang mungkin banyak tidak disukai oleh orang dalam meneyembuhkan dan menurunkan tekanan darah yaitu dengan mengkonsusmsi bahan makanan dari alam. Sekolompok inovator yang datang dari sebuah pondok pesantren telah membuktikannya yaitu dengan membuat sebuah inovasi jajanan berbentuk ice cream yang berasal dari buah mengkudu. Inovator tersebut bernama Annisa Sakinan dan Dian Ayu Wahidah, mereka memberi nama dalam produknya ialahNoni Ice Cream.

(Baca juga: Omegon penanganan alam oleh alam)

Mengkudu diplih karena buah ini merupakan buah yang banyak ditemui di kalangan masyarakat. Sedangakan dalam segi kandungannya buah mengkudu memeliki sebuah senyawa aktif yang bernama Scopeletin  yang memiliki fungsi dalam menormalkan tekanan  darah dengan adanya efek spasmolitik.

Selain kandunagan tersebut ternyata buah mengkudu juga memilki sebuah senyawa terpenoid yang terkandung dalam buah d dan daun mengkudu yang memiliki fungsi dalam pertahanan tumbuhan dalam bentuk metabolit sekunder.

Mengkudu kaya akan nutrrisi yang cukup lengkap salah satu yaitu nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh yang diantaranya ialah protein vitamin dan mineral penting. Dalam pembuatan Noni Ice cukup mudah denagn bahan yang ada di sekitar seperti santan, gula pasir, tepung maizena, air dan bahan pelengkap lainnya.

Penelitian ini sudah memiliki bukti berupa Noni Ice dapat mengurangi resiko darah tinggi atau Hipertensi. Dengan adanya produk Noni Ice peneliti berharap dapat berkontribusi dalam kesehatan masyarakat di Indonesia untuk menekan angka kematian dikarenakan adanya masalah berupa Hipertensi.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler karya tulis ilmiah remaja

Related Post