Tips Merawat Rambut Berhijab

Penulis: Rintan Setyo Minarti*

Assalamualaikum sahabat santri? Akhir-akhir ini udara sangat panas ya sahabat. Pasti rambut akan lepek dan mudah rontok. Apalagi bagi sahabat santri yang berhijab, masalah rambut rontok, lepek dan ketombe pasti sangatlah sering terjadi ya. Nah simak yuk tips merawat rambut bagi wanita berhijab berikut!

Pertama, pilihlah bahan hijab yang bersahabat dengan kulit. Wajib bagi setiap wanita memahami kain apa yang harus ia gunakan untuk hijabnya. Supaya udara bisa tetap bebas keluar masuk. Bahan alami yang lembut pada rambut akan memungkinkan rambut untuk bernapas lebih baik. Misalnya Kain chiffon atau katun, dua bahan tersebut merupakan bahan yang ringan dan membuat kulit kepala tetap dapat bernafas.

(Baca juga: Tips lebaran seru di tengah pandemi)

Kedua, sisirlah rambut sebelum mandi. Sisir rambutnya lebih baik menggunaka sisir bergerigi jarang dan lebar, karena hal tersebut dapat meluruskan kembali rambut yang kusut. Menyisir rambut sebelum mandi adalah langkah awal yang baik untuk menghindari rambut rontok. Lalu sikat rambut dua kali sehari, bukan cuma untuk mencegah kusut dan menjaga rambutmu lepek, juga sekaligus membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala.

Ketiga, gunakan shampoo khusus kulit sensitif/rusak. Rambut berhijab cenderung lembap dan berminyak. Menggunakan shampo ringan khusus kulit kepala sensitif akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala Anda dan mencegah hadirnya ketombe, yang dapat memicu rambut rontok. Penting untuk selalu memilih shampo dan kondisioner yang ringan untuk mencegah rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia.

(Baca juga: Anda Memiliki Mata Panda? simak Tips Berikut yuk)

Keempat, gunakan hijab setelah rambut kering. Terkadang ketika terburu-buru, kita tidak sempat untuk mengeringkan rambut sebelum menggunakan hijab. Perlu diketahui rambut basah lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan, sehingga mengikat itu erat saat basah akan menyebabkan ketegangan yang tidak perlu untuk helai rambut yang sudah terlanjur lemah. Belum lagi, ini juga dapat menyebabkan ketombe. Oleh karenanya pastikan dulu rambutmu benar-benar kering ya, sebelum menggunakan hijab.

Kelima, jangan ikat rambut terlalu kencang. Kadang, kita tidak menyadari fakta bahwa untuk menjaga rambut kita tetap rapi tanpa ada cuatan rambut di sana-sini, kita mengikat rambut begitu keras sampai kaku. Hindari melakukan hal ini. Selalu lebih baik untuk menatanya dalam ikat kuda atau cepolan longgar di bawah jilbab. Karena hal tersebut akan membuat rambut melemah dan gampang rontok.

Itu tadi beberapa tips merawat rambut berhijab, semoga bermanfaat ya sahabat. Sayangi rambutmu.

Sumber gambar: nchiehanie.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post