Daun Sejuta Manfaat

Penulis: Regina Qotrun Nada*

Assalamualikum sobat santri, masih banyak yang belum tahu tentang khasiat daun sirih kan? manfaat daun sirih yang tidak kalah penting dengan obat-obat herbal lainnya yang kalian harus mengetahui untuk kesehatan, antara lainnya:

Pertama, menjaga sistem pencernaan. Manfaat daun sirih yang pertama menjaga sistem pencernaan,daun sirih memiliki kandungan yang bisa membantu melindungi usus, untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting daun sirih akan bekerja degan cara meningkatkan metabilisme yang memicu sirkulasi lalu merangsang usus.

(Baca juga: buah mungil kaya manfaat)

Kedua, antiseptik. Daun sirih yang berguna sebagai antiseptik, manfaat tersebut yang berasal dari kandungan polifenol, terutama chavicol yang berperan menindungi ganda dari berbagai jenis kuman. Bahkan didalam kandungan tersebut juga daun sirih ini digunakan secara halus untuk mengobati radang sendi dan orkitis.

Ketiga, meringankan sembelit. Manfaat daun sirih yang ketiga yaitu daun sirih mampu membersihkan radikal bebas dari tubuh,dan juga mengembangkan tingakt PH normal

(Baca juga: si manis yang banyak manfaat)

dalam tubuh hal ini dapat berguna untuk membantu mengatasi sakit perut dan sembelit.cara agar meringankan sembelit yaitu dengan menghancurkan daun sirih

dan masukan kedalam air, lalu biarkan semalaman dan minum airnya dapagi hari ketika perut masih dalam keadaan kosong.

Manfaat daun sirih yang selanjutnya yang sudah populer sejak dahulu sudah digunakan oleh masyarakat indonesia. Antaranya menghentikan mimisan, menjaga kesehatan organ kewanitaan, mengurangi bau badan, menyembuhkan jerawat, dan mengobati batuk.

Nah itu lah manfaat-manfaat dari daun sirih, semoga bermanfaat dan jagalah kesehatan kalian, kesehatan itu penting!

Sumber gambar: idtimes.com

Penulis merupakan siswa kelas X PK 3 MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post