Manfaat Tumbuhan Krokot bagi Kesehatan

Penulis: Rintan Setyo Minarti*

Tahukah anda tentang tumbuhan krokot? Tumbuhan ini sangat liar di daerah sawah, semak-semak serta ladang,  jarang  tumbuh di daerah perkotaan maka dari itu orang jarang mengenalnya kecuali orang-orang pedesaan. Krokot biasanya dibuat makan ternak oleh penduduk desa dan jika tumbuh di pekarangan rumah akan segera dicabut serta diabaikan.

Meskipun daun krokot sering disepelekan ternyata tumbuhan berdaun mungil ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Yuk intip beberapa manfaatnya sebagai berikut.

(Baca juga: ini dia manfaat buah tin bagi kesehatan)

Pertama, dapat megobati penyakit kuning atu yang baisa kita sebut sebagai hepatitis,dengan cara merebus daun krokot dan meminum hasil rebusannya dilakukan setiap hari hingga penyakit hepatitis bisa di kurangi.

Kedua, dapat menurunkan berat badan, nah cocok sekali bagi anda yang ingin diet tumbuhan ini rendah akan kalori dan sangat banyak sekali nutrisi.

Ketiga, dapat menyehatkan kulit agar tidak tampak keriput, karena tumbuhan ini memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi diantara tumbuhan hijau lainnya, selain itu juga dapat menyehatkan mata membantu menghilangkan radikal bebas yang merusak sel-sel mata.

(Baca juga: buah mungil kaya manfaat)

Keempat, mampu mencerahkan kulit ekstak krokot mampu menghambat enzim tirosinase yang terkait dalam melanin pada kulit kita maka dari itu tumbuhan ini mampu membantu mencerahkan kulit.

Kelima, ternyata daun krokot adalah salah satu tumbuhan yang diprioritaskan bagi WHO dalam daftar tumbuhan yang memiliki segudang manfaat, 23 negara yang telah memprioritaskan tumbuhan ini karena dapat meminimalisir sakit kepala, disentri, luka bakar, demam, diabetes dan masih banyak lagi.

Nah, itu tadi beberapa manfaat tumbuhan krokot bagi kesehatan dan kecantikan selamat mencoba.

Sumber gambae: agrowindo.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post