Tips Cegah Tumit Lecet Ketika Bersepatu

Penulis: Tazyinatul Ilmiah*

Tumit lecet adalah masalah yang sangat umum terjadi saat ini, selain menyusahkan tumit lecet juga dapat merusak penampilan kita.Tumit lecet dapat disebabkan karna kandungan air pada kulit sangat kurang sehingga kulit menjadi kering dan menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah.Penyebab umum tumit pecah-pecah.

Selain karena kurangnya kandungan air di dalam kulit juga disebabkan karna penggunakan sepatu atau kaos kaki yang setiap waktiu kita kenakan namun sangat jarang sekali kita perhatikan kebersihannya dan bahan dari kaos kaki ataupun dari sepatu itu sendiri.

Dari pada menunggu waktu yang lama dan membutuhkan biasa yang sangat mahal untuk perawat kesalon yuk! simak tips sederhana berikut untuk mencegah “Tumit lecet ketika bersepatu”

(Baca juga: mata kamu minus? yuk simak tips berikut!)

Pertama, memilih bahan yang tepat ketika membeli sepatu. Sebelum keadaan tumit semakin memburuk coba belilah sepatu dengan bahan yang tepat. Usahakan ketika anda mau membeli sepatu yang pertama perhatikanlah bahan penyusun dari sepatu atau kaus kaki yang akan anda beli tersebut setelah bahannya cocok dan sesuai barulah anda memilih model yang pas dengan karakter anda sendiri. Jangan membeli sepatu yang pas dengan kakimu usahakan belilah spatu yang agak longgar berilah ruang untuk kakimu dengan jarak sekitar 2 centimeter.

Kedua, menggunakan kaus kaki yang tipis. Menggunakan kaus kaki tipis dapat mengurangi kelembapan kaki anda ketika menggunakan sepatu. Pemilihan bahan yang tepat juga sangat dibutuhkan dalam pembelian kaus kaki karna ketika kaki anda nyaman menggunakannya maka kemungkinannya hanya sedikit untuk membuat tumit anda menjadi lecet.

Ketiga, menggunakan pelembab. Selain dapat mencegah lecetnya tumit anda,pelembab juga bertujuan untuk menetralisir, garis pecah-pecah pada tumit.Sangat disarankan ketika menggunakan pelembab gunakanlah ketika anda akan memakai kaus atau sepatu dan ketika anda membuka kaus kaki ataupun sepatu.

Keempat, menggunakan plester. Merekatkan plester pada jari-jari ataupun tumit kaki berguna untuk menetralisir terjadinya kelecetan, yang dappat disebabkan oleh permukaan kasar sepatu.

(Baca juga: musim hujan gampang flu? simak tips berikut!

Kelima, menggunakan deodorant. Mungkin penggunaan deodorant masih belum familiar ditelinga kita,akan tetapi penggunaan deodorant dalam pencegahan terjadinya lecet pada tumit ini sangat ampuh. Ketika anda mengusapkan deodorantg pada tumit anda maka tunggu kering hingga terbentuklah barrier bening, setelah kering dan terbentuk barrier anda sudah dapat mengenakan sepatu ataupu kaus yang akan anda kenakan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Penulis merupakan siswa kelas X MIPA 3 SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post