Selamat dan Sukses, Raih Gelar Sarjana di Tengah Pandemi yang Belum Usai

Sempat Perawatan Kesehatan Kala Garap Skripsi, Pelan tapi Pasti Akhirnya Tuntas Sidang di Hadapan Dosen Penguji

Pesantren Nuris – Alumni Nuris yang satu ini merasa lega usai menuntaskan sidang skripsi di hadapan dosen penguji. Di tengah pandemi covid-19 yang tak mudah, apalagi sempat perawatan kesehatan kala mengerjakan skripsi. Namun semua terbayar lunas tatkala lulus dengan predikat cum laude dan berhak atas titel sarjananya. Bagaimanakah kisahnya? Yuk kepoin gaes!!!

Gadis yang dikenal low profile ini bernama Ana Raodhotul Jennah. Dia adalah lulusan MA Unggulan Nuris, jurusan program keagamaan (PK), tahun 2016 silam. Usai menamatkan pendidikan menengah atas, dia melanjutkan pendidikan sarjana di kampus negeri kenamaan di Jember yakni, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.

“Karena sejak nyantri di Pesantren Nuris Jember dan sekolah di MA Unggulan Nuris sudah banyak mendapatkan materi terkait Alquran dan tafsir, saya pun saat kuliah di IAIN ambil jurusan ilmu Alquran dan tafsir.” Tutur Ana, sapaan akrab gadis cantik asal Pakis Utara, Panti, Jember.

(baca juga: Suka Cita Alumni Nuris Kuliah di Mesir, Tekuni Sastra Arab hingga Jauh ke Universitas Al Azhar)

Dia lolos masuk kampus IAIN Jember lewat jalur SPAN-PTKIN, tetapi karena terlambat registrasi ulang hingga batas akhir akhirnya Ana masuk kampus tersebut lewat jalur ujian mandiri pada jurusan yang sama.

Perkuliahan berjalan dengan lancar tanpa kendala. Apalagi pemudi kelahiran Jember, 19 Januari 1998 tersebut memilih fokus pada akademik ketimbang kegiatan organisasi. Namun, tantangan yang dia hadapi adalah saat mengerjakan skripsi, dia jatuh sakit dan divonis terinfeksi TBC.

(baca juga: Wabah Virus Corona menurut Alumni Nuris yang Kuliah di Guangzhou China)

“Awal semester 8 saya harus perawatan hingga cuti kuliah. Akhirnya saya harus tetap memaksakan diri mengerjakan sedikit demi sedikit meski masih belum sembuh total. Alhamdulillah bisa sampai pada titik ini.” imbuhnya.

Tepat pada hari Senin, 05 April 2021 yang lalu, gadis yang memiliki hobi membaca dan bercita-cita menjadi seorang guru ini mampu menuntaskan sidang skrispi berjudul “Tafsir Surat Al Fatihah (Studi Komparatif Tafsir Fathul Qadir dan Tafsir Al Misbah)”. Dia berhak atas titel sarjanannya dengan capaian indeks prestasi kumulatif (IPK) cum laude, 3,5.[AF.Red]

Nama                    : Ana Raodhotul Jennah

Lembaga              : MA Unggulan Nuris, jurusan PK, tahun 2016

Kuliah                   : IAIN Jember, jurusan ilmu Alquran dan Tafsir   

dokumentasi saat Ana Raodhotul Jennah saat ujian skripsi via aplikasi zoom
Related Post