Tips Merawat Mata Agar Tetap Sehat

Penulis: Iqbal Bayu*

Mata merupakan organ yang penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga mata agar tetap sehat dan jernih.

Karena, jika kamu kurang memperhatikan kesehatan mata, yang ada matamu akan mengalami berbagai gangguan yang dapat menjadi penghalang ketika beraktivitas.

Untuk itu, Pesantren Nuris akan membagikan cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang tentunya bisa kamu lakukan.

1.Perhatikan jarak mata saat membaca buku atau melihat layar gadget
Ada banyak cara untuk merawat mata agar tetap sehat, yang pertama ialah mengontrol jarak mata saat membaca atau melihat layar gadget.

(Baca juga: tips unik belajar ala santri nuris)

Karena hal tersebut dapat membuat mata bekerja ekstra untuk fokus terhadap objek tersebut dan dapat membuat otot mata menjadi lebih tegang sehingga bisa membuat kepala terasa pusing.

2.Perbanyak minum air putih
Meminum ait putih merupakan salah satu cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang wajib untuk kamu lakukan. Air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh termasuk dalam menjaga kesehatan mata. Untuk itu, jangan lupa untuk terus mengonsumsi banyak air putih.

3.Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A yang tinggi
Di sekolah dasar kita beritahu bahwa vitamin A sangatlah baik untuk kesehatan mata. Beberapa ahli kesehatan pun menyarankan untuk selalu mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin A yang tinggi seperti wortel, tomat, alpukat, dan lain-lain. Cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang satu ini memiliki pengaruh besar untuk kesehatan matamu serta dapat menjaga kesehatan mata hingga tua nanti.

(Baca juga: yuk jaga imun tubuh simak tips berikut)

4.Gunakan kacamata khusus untuk melindungi mata
Penggunaan kacamata memang tak hanya dikhususkan untuk sebagian orang yang membutuhkan saja, namun kacamata seharusnya wajib digunakan oleh semua orang jika ingin menjaga matanya agar tetap sehat. Buat kamu yang sering menatap layar gadget, gunakan kacamata anti radiasi yang dapat membantu matamu agar tidak cepat kelelahan dan buat kamu yang beraktivitas di luar ruangan, gunakan kacamata anti-UV untuk menghindari kerusakan mata akibat sinar UV.

Menjaga kesehatan mata itu sangat penting. Maka dari itu, jangan lupa untuk melakukan keempat cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih yang sudah Pesantren Nuris bagikan di artikel ini.

Sumber gambar: m.merdeka.com

Penulis merupakan siswa Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post