Tips Agar Buku Kesayanganmu Tak Berjamur

Penulis: Juwita Indah*

Buku merupakan hal yang menjadi salah satu sumber inspirasi, informasi, serta bisa juga menjadi hiburan, nah bagi sahabat santri yang suka membaca, dan suka mengoleksi buku, ini dia tips supaya buku sahabat awet, dan tidak gampang berjamur. Simak yuk.

Pertama, pastikan tangan sahabat bersih sebelum menyentuh buku. Hal ini adalah tips dasar yang sayangnya sering diabaikan oleh sebagian besar orang. Tangan yang kotor dapat memicu pertumbuhan jamur pada buku. Selain mengurangi keindahan tampilan buku, kotoran yang menempel pada buku akibat tangan yang kotor dapat membuat buku terlihat usang dan kumal lho. Jadi cuci tangan dulu ya sahabat.

Kedua, pasang sampul pada bukumu. Selamatkan sampul bukumu dengan membungkusnya pakai sampul plastik. Hal ini akan menjaga bukumu tetap bersih, tidak terkena debu, dan mencegahnya terkelupas. Coba pilih plastik bening yang lebih tebal dan tidak lengket.

(Baca juga: suka ngopi? ini dia tips memilih kopi terbaik)

Ketiga, jauhkan bukumu dari sinar matahari langsung. Jangan ekspos buku-bukumu secara langsung ke sinar matahari. Sesekali menjemur buku di bawah sinar matahari adalah hal yang bagus dan harus dilakukan untuk menghilangkan kelembapan berlebihan pada buku.

Namun, paparan sinar matahari yang menyorot langsung pada buku hanya akan membuat lembaran kertas-kertas pada buku menjadi terlalu kering. Kertas buku yang terlalu kering identik dengan perubahan warna. Warna asli kertas yang putih justru akan berubah menjadi cokelat dan kuning apabila buku mengalami kekeringan. Sinar matahari yang berlebih juga dapat membuat tekstur buku menjadi bergelombang. Buku juga akan rapuh dan akhirnya mudah sobek.

Keempat, letakkan buku dalam keadaan berdiri ya. Menaruh buku jangan ditumpuk ya, tapi posisikan berdiri. Menumpuk buku hanya akan membuat buku lembab, dan bisa menimbulkan jamur yang membuat kertas jadi saling menempel dan tinta huruf memudar. Posisi buku yang berdiri akan memberikan udara jalan untuk masuk ke sela-sela buku.

(Baca juga: ini dia tips rawat wajah bebas komedo)

Kelima, gunakan pembatas buku.  Alih-alih melipat halaman untuk menandai sudah sampai mana kamu membacanya, lebih baik gunakan pembatas buku agar kertas tidak terlihat lusuh karena terlipat. Selalu simpan bukumu dengan tertutup saat kamu tidak membacanya. Bentuknya bisa dipertahankan lebih lama jika tidak dibiarkan terbuka atau terbalik.

Nah itu tadi lima tips supaya buku kalian awet ya, selamat mencoba semoga bermanfaat.

Penulis merupakan siswa kelas XII IPS SMA Nuris Jember, yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post