Ini Dia Perlengkapan yang Harus di Bawa Santri Putri Baru! Yuk Simak!

Penulis: Rafella*

Assalamualaikum, Sahabat santri. Apa kabar? Semoga sehat selalu, ya. Oh ya, apa ada di antara kalian yang berencana untuk menjadi santri tahun ini? Jika iya. Selamat, ya. Kalian akan menjadi bagian dari keluarga santri Nusantara.

Nah, sebelum berangkat ke pondok. Apa kalian sudah tahu perlengkapan apa yang harus kalian bawa? Jangan-jangan kalian malah belum ada persiapan. Naudzubillah. Jangan sampe deh. Apalagi sampai salah bawa perlengkapan.

Lalu, apa kalian sudah tahu perlengkapan apa aja yang harus dibawa ke pesantren? jika kalian belum tahu, nih, kalian boleh coba untuk lihat ulasan dari saya tentang perlengkapan-perlengkapan yang harus kalian bawa nanti saat akan berangkat ke pesantren.

(Baca juga: hijabmu gampang kusut di lemari? yuk simak tips berikut)

Perlengkapan santri secara umum, baik putra atau pun putri di pesantren sebenarnya dapat dibilang sederhana, karena tentu saja yang utama adalah segala keperluan diri. Akan tetapi, perlengkapan santri putri ternyata cukup rumit dan pastinya memerlukan biaya tambahan, lain halnya dengan santi putra yang hanya membutuhkan perlengkapan seperti kaos, alat mandi, baju koko, sarung, dan kemeja.

Perlengkapan Merawat Kulit

Santri putri tidak hanya membutuhkan pakaian tetapi juga perlengkapan tambahan untuk keperluan khusus wanita. Salah satunya adalah perlengkapan perawatan diri seperti skincare. Kenapa membutuhkan skincare? Skincare sangat berguna untuk kulit terlebih untuk kulit wajah. Agar wajah tidak terlihat pucat, tidak kering, dan untuk menghindari jerawat. Santri putri memang dilarang untuk bermakeup atau berdandan. Akan tetapi, naluri sebagai makhluk terindah di muka bumi tidak akan sirna pada diri santri putri. Mereka tentu saja tidak mau selesai mondok malah kurang menarik.

Hal itu tentu bukan berarti mengajari santri putri untuk menjadi genit atau over perhatian kepada kecantikan saja. Tapi, tidak bisa dipungkiri, itulah salah satu tabungan mereka di masa depan selain ilmu pengetahuan. Bayangkan saja, ada santri lulusan pondok yang cantik, sholehah, dan pinter. Wah, tentu akan menjadi rebutan orang bukan dan tentunya bukan orang sembarangan yang akan memperebutkannya.

Perlengkapan Kesehatan
Agar santri tidak mudah jatuh sakit santri juga tentu memerlukan vitamin tambahan. Kenapa santri membutuhkan vitamin? Vitamin tentu dapat berguna menjaga daya tahan tubuh selama menjalani kegiatan di pesantren. Selain itu, bawa juga obat-obatan tertentu yang penting jika kalian memiliki penyakit bawaan atau sering kalian derita, misalnya saja kalian punya riwayat asma, maka obat asma jangan sampai ketinggalan.

(Baca juga: tips agar buku kesayanganmu tak berjamur)

Pakaian Santri Putri
Terkadang ada pondok yang membatasi baju yang dibawa santri sehingga santri hanya bisa membawa 4 sampai 5 baju stel. Kerudung yang tentunya sudah menjadi barang wajib seorang santri tentu harus punya beberapa cadangan ya. Setelah itu, perlengkapan sholat, baju tidur, pakaian dalam, legging, jarum pentul, ciput, dan sandal sepatu juga harus dipersiapkan.

Perlengkapan santri putri menstruasi
Santri putri pasti akan mengalami menstruasi. Oleh sebab itu, santri putri wajib membawa celana dalam yang cukup banyak dan pembalut.

Peralatan Mandi santri putri
Peralatan mandi santri putri sama halnya deangan santri putra seperti tempat sabun, sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, shampo, handuk, gayung, sabun cuci muka. santri putri juga tentunya harus membawa sikat, sabun cuci, hanger, ember, dan penjepitnya.

Perlengkapan Tidur santri putri
Berbeda dengan santri putra, perlengkapan santri putri ketika tidur itu sedikit lebih lengkap seperti bantal, guling, dan selimut. Barang-barang itu kalian bawa supaya tidur kalian nyaman. Terkadang santri putri ketika tidur diharuskan memakai celana panjang. kenapa harus memakai celana panjang? Biasanya pengurus akan mengontrol santri yang tidak memakai celana panjang.

Stok makan santri putri
Santri putri ketika di pondok terkadang belum bisa beradaptasi rasa makanan yang disediakan di pondok. Masakan pondok tentu jauh lebih sederhana dari masakan rumah. Santri putri terkadang juga akan membawa lauk-lauk kering seperti sambal pecel, saos, kecap, tempe kering. Tidak hanya itu, santri putri juga sangat disarankan membawa stok camilan.

Nah, itu dia beberapa barang yang harus dibawa ketika santri putri berangkat mondok untuk pertama kali. Semoga bermanfaat, ya. (raf/jai)

Sumber gambar: Intragram santriputrinuris

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA 2 SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Editor oleh Achmad Syuja’i (Guru Bahasa Indonesia SMK Nuris Jember)

Related Post