Santri Berprestasi Bidang Karya Ilmiah, Kini Dalami Wawasan Akidah Asy’ariah di Ma’had Aly Nuris Jember

Meski Banyak Belajar Sains saat Aliyah, tak Surutkan Semangat Santri Cantik ini Pelajari Kitab Klasik

Pesantren Nuris – Keinginan yang kuat dalam meningkatkan ilmu pengetahuan tentang akidah Asy’ariyah dan membedah kitab-kitab klasik, tak membuat alumnus MA Unggulan Nuris ini keder saat kuliah di Ma’had Aly Nurul Islam (Nuris) Jember. Pasalnya, saat aliyah ia banyak belajar sains dan bahkan pernah meraih prestasi fantastis di bidang karya ilmiah. Apa sih motivasi santri cerdas ini? Yuk baca profilnya ya Gaisss!!!

Dara cantik asal Bangsalsari, Jember ini bernama Dian Mufida. Nyantri di Pesantren Nuris Jember, ia jalani sejak sekolah di MTs Unggulan Nuris. Kemudian ia meneruskan perjuangannya menggali ilmu di lembaga yang dipimpin oleh Ning Balqis Al Humairo, MA Unggulan Nuris hingga tamat pada tahun 2020 silam.

(baca juga: Anadara, Terobosan Kesehatan Gigi Modern Berbahan Dasar Limbah)

Semasa di MA Unggulan Nuris, gadis kelahiran Jember, 01 Februari 2002 tersebut terbilang santri berprestasi dan membanggakan. Prestasi yang paling berkesan yang diraihnya adalah sebagai salah satu tim Karya Tulis Ilmiah (KTI) MA Unggulan Nuris yang mampu berhasil meraih juara harapan 1 tingkat Jawa—Bali di Nganjuk.

Berkat gagasan inovatif di bidang kesehatan gigi dan mulut yakni, pemanfataan limbah cangkang kerang dara dan ekstrak daun sirih hijau sebagai pasta gigi sehat dan alami berjudul “Anadara (Aplication of Anadaragranosa as Dental Cure) Optimalisasi Limbah Cangkang Kerang Dara dan Ekstrak Daun Sirih Hijau sebagai Bahan Alami Pasta Gigi”, timnya bawa piala dan hadiah uang pembinaan sebesar Rp1.000.000,00.

(baca juga: Ada Beasiswa Senilai-19 Jutaan, Ayo Kuliah dan Daftar Segera ke Ma’had Aly Nurul Islam Jember)

“Memang sejak saya mondok di Nuris suka belajar apa pun termasuk sains. Nah, saat menginjak kelas akhir dan mau kuliah saya kok termotivasi menjadi santri yang berkonsentrasi di bidang akidah dan filsafat Islam, terutama akidah ahlussunnah wal jamaah khususnya akidah Asy’ariyah. Tanpa pikir panjang, saya lanjut di Nuris kuliah di Ma’had Alynya.” Tutur Mufida.

Seraya studi sarjana di Ma’had Aly Nuris Jember, pemudi yang memiliki hobi mendengarkan musik ini, diamanahi tugas di Pesantren Nuris Jember sebagai Wakil Kepala 2 Pesantren Asrama Dalem Timur dan Koordinator Sains Asrama Dalem Timur. Ini tugas mulia yang cukup berat diembannya bahkan awalnya cukup sulit membagi waktu. Tetapi kini sudah terbiasa sebab semangat belajarnya yang tinggi membuatnya antusias dengan segala tugas baik kuliah maupun pesantren.[AF.Red]

Nama               : Dian Mufida
Lembaga          : MA Unggulan Nuris Jember, jurusan IPA, tahun 2020
Kuliah              : Ma;had Aly Nuris Jember, Prodi Akidah dan Filsafat Islam
Karier : Wakil Kepala 2 Pesantren Asrama Dalem Timur dan Koordinator Sains Asrama Dalem Timur

Related Post