BBM Naik Drastis? Jangan Khawatir Yuk Simak Tips Hemat BBM di Bawah Ini!

Penulis: Juwita Indah*

BBM Naik Drastis? Jangan Khawatir Yuk Simak Tips Hemat BBM di Bawah Ini!

Penulis: Juwita Indah*

Pada awal September 2022 lalu, Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsid. Tentusaja itu membuat masyarakat kaget, tanpa aba-aba tiba-tiba harga BBM yang tertera di SPBU melonjak. Harga bensin Pertalite naik menjadi Rp 10.000 dari Rp 7.650 per liter, Solar naik menjadi Rp 6.800 per liter dari sebelumnya Rp 5.150 per liter, dan Pertamax naik menjadi Rp 14.500 per liter dari Rp 12.500 per liter

Para pengendara kendaraan bermotor pun akhirnya kini berusaha melakukan penghematan dalam penggunaan bahan bakar. Penghematan tak hanya dilakukan oleh para pengguna kendaraan bermotor, tapi para produsen kendaraan juga sudah mulai menerapkan kebijakan untuk membuat kendaraan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Nah berikut beberapa tips supaya kita tidak boros dalam menggunakan BBM, simak ya!

Pertama, Jangan Terlalu Sering Mengerem
Cara menghemat BBM yang pertama yakni dengan tidak terlalu sering mengerem sepeda motor/mobil. Tidak banyak yang tahu bahwa intensitas melakukan pengereman ternyata memiliki hubungan dengan konsumsi BBM mobil kamu, lho. Semakin sering kamu menginjak pedal rem mobil, maka semakin besar pula bahan bakar kamu yang terbuang sia-sia. Hal ini terjadi karena mobil bekerja lebih berat dan mengakibatkan bahan bakar minyak yang dikonsumsi semakin banyak.

Kedua, Jangan Memanaskan Mesin Terlalu Lama
Salah satu cara menghemat bahan bakar minyak yakni dengan tidak terlalu lama memanaskan mesin mobil kamu. Sebagian orang beranggapan memanaskan mobil dalam jangka waktu tertentu dapat membuat mesin mobil prima ketika digunakan. Padahal, saat ini mobil-mobil sudah memiliki teknologi dan fitur yang semakin canggih yang tidak membutuhkan waktu lama untuk panas.

Ketiga, Mencari Rute Jalan yang Tidak Terlalu Macet
Salah satu cara menghemat bahan bakar minyak yang tidak terlalu banyak tahu adalah mencari rute yang tidak terlalu macet. Dalam keadaan macet, kamu akan tetap menyalakan mesin mobil kamu dalam keadaan statis. Hal ini akan menyebabkan mesin mobil mengonsumsi bahan bakar minyak lebih boros.

Keempat, Jangan Beri Muatan Berat Mobil
Salah satu cara menghemat bahan bakar minyak yang terakhir adalah dengan tidak memberikan muatan berlebihan pada mobil kamu. Ketika mobil bekerja dengan lebih berat, otomatis akselerasinya juga akan meningkat. Hasilnya, mobil akan mengonsumsi bensin lebih banyak. Pastikan kamu tidak memberikan banyak muatan pada mobil untuk membuat mobil tidak bekerja terlalu keras.

(Baca juga: yuk-simak-tips-jaga-gigi-sehat-dan-kuat)

Kelima, Kondisi Ban yang Tidak Kempes
Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menghemat BBM yaitu mengecek kondisi ban mobil kamu. Ban yang kempes ternyata dapat memperparah konsumsi ban mobil kamu, lho. Hal ini dapat terjadi karena mesin mobil kamu bekerja lebih berat. Semakin berat mesin mobil kamu bekerja, maka bahan bakar yang terkuras juga akan semakin banyak.

Keenam, Beralih Ke Kendaraan Listrik
Cara terakhir, beralihlah kekendaraan berbahan bakar listrik atau motor/mobil listrik. Ini merupakan tips paling akurat bukan? Kamu tifdak perlu lagi mengantre di SPBU untuk mengisi BBM. Kamu juga tidak perlu lagi membeli BBM. Cukup dengan mempersiapkan daya saja di rumah.

Nah itu tadi beberapa tips untuk menghemat BBM, semoga bermanfaat.

Sumber gambar: www.fimela.com

Penulis merupakan siswa SMA Nuris Jember

Related Post